Kamis, 14/12/2023, 22:43:48
Madrasah Aliyah Assalafiyah Luwungragi Kembangkan Wirausaha Muda Dengan Inspirasi Kearifan Lokal
Oleh : Ceca

PanturaNews (Brebes) - Rabu, 13 Desember 2023 adalah hari bersejarah dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil 'Alamin (P5RA). Kegiatan ini merupakan pencapaian dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk menggali potensi madrasah di wilayah setempat. Menggabungkan tema Kewirausahaan dan Kearifan Lokal, kegiatan berjalan sesuai arahan Bapak Kepala Madrasah Bapak H. Muamar Cholil, Lc, M. Ag. dan di bawah komando koordinator P5RA oleh Ibu Yuyun Rahmahwati, S. Pd. serta Waka. Kesiswaan Bapak Heri Hermawan, S. Pd. 

Gelar Karya P5RA dibuka oleh Bapak Kepala Madrasah dengan memukul Kentongan hasil karya siswa 11 Agama Muhammad Fadli. Dalam sambutannya beliau Bapak H. Muamar Cholil, Lc, M. Ag mengatakan "Gelar Karya P5RA dipersembahkan untuk siswa/ i adalah kreativitas bapak ibu guru dalam Nguri-uri Budaya Jawa (menjaga dan melestarikan budaya Jawa) dan saat yang tepat untuk belajar berwirausaha karena melatih mental berani dan percaya diri menghadapi pembeli.

Sejumlah 400 siswa dan 20 guru memadati area lapangan madrasah untuk mengikuti senam bersama. Kemudian atraksi pencak silat dan tari Jawa modern. P5RA ini sebetulnya bukan puncak namun awal mula anak berkreasi, khususnya kelas 10 yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Jenis makanan tradisional dari singkong hingga jajanan kekinian meramaikan bazar, mulai dari bola-bola ubi, combro, bubur blohok, klepon, kebab, es degan, es jelly dan masih banyak lainnya. Jajanan dibandrol mulai harga 2.000 hingga 10.000, menyesuaikan kantong siswa. Dari siswa untuk siswa.

Selain itu ada lomba cover sholawat, penampilan tari tradisional modern, mini drama tradisi Jawa Tedhak Siten oleh bayi berusia tujuh bulan yang mulai berjalan serta dimeriahkan oleh lagu-lagu anak-anak atau lagu Jawa dan permainan tradisonal seperti congklak, jangka atau sunda manda dan cublak-cublak suweng, yang dikomando oleh Sie. Acara Ibu Callista Herdianingtyas, S. E. Tak ketinggalan ada pameran tanaman buah dan hasil karya bidang kelistrikan oleh Bapak Saro'i, S. PdI.

Siswa antusias dan merasa banyak manfaat dari kegiatan hari ini. Semoga kita dapat mewarisi, menjaga dan melestarikan budaya Jawa hingga anak cucu kelak.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita