Selasa, 20/02/2024, 17:13:14
Belum Ada Caleg Gagal yang Stres Jadi Pasien. RSUD Brebes Tetap Antisipasi
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) - Meskipun tekanan psikologis yang dialami oleh para calon legislatif (caleg) setelah pemilihan umum (pemilu) menjadi perhatian utama, hingga kini belum ada laporan tentang caleg yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes akibat stres atau depresi, karena kegagalan dalam pemilu.

Namun demikian, rumah sakit milik Pemkab Brebes ini, menyediakan layanan khusus bagi caleg akibat depresi yang membutuhkan pertolongan.

Menurut Direktur RSUD Brebes dr. Rasipin melalui Kabid Keperawatan RSUD Brebes, Mudiharso, meskipun belum ada caleg depresi karena kegegalan pemilu yang dirawat di rumah sakit, namun pihaknya tetap siap memberikan bantuan dan dukungan kepada siapa pun yang membutuhkan. 

"Kami telah melakukan berbagai langkah pencegahan dan sosialisasi mengenai kesehatan mental kepada para caleg sejak awal pemilu, sehingga diharapkan dapat mencegah timbulnya masalah kesehatan mental yang serius," ungkap Mudiharso, Selasa 20 Februari 2024.

Pihaknya tidak menghendaki adanya caleg mengalami depresi akibat gagal pemilu. Akan tetapi, sebagai antisipasi pihak manajemen RSUD Brebes telah menyiapkan ruangan khusus di Bangsal Dahlia.

“Untuk ruangan kejiwaan saat ini kami menyiapkan tiga ruangan di Ruang Dahlia, termasuk menyiapkan dua orang dokter kejiwaan,” kata Mudiharso.

Bahkan, pihak RSUD Brebes juga telah menyiapkan 12 kamar tidur yang nantinya terpisah dari bangsal lainnya dengan cara dibatasi pagar besi yang menutup akses keluar masuk pasien.

“Insya Allah tahun ini, RSUD Brebes juga menyiapkan khusus pasien jiwa dengan segala perlengkapannya sesuai dengan standar penanganan pasien kejiwaan,” terangnya.

Untuk itu, penting bagi semua pihak untuk tetap waspada dan siap memberikan bantuan, jika ada caleg yang membutuhkan pertolongan psikologis. 

Dukungan dan perhatian dari masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk membantu para caleg pulih dari tekanan psikologis pasca pemilu, serta mendorong terciptanya lingkungan yang lebih sehat secara mental bagi semua orang yang terlibat dalam proses politik.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita