Selasa, 24/01/2023, 22:45:37
Ketua KPU Kota Tegal Lantik 81 Anggota PPS. Ini Tugas Pertamanya
LAPORAN JOHARI

Ketua KPU Kota Tegal, Elvi Yuniarni melantik 81 anggota PPS di Pendopo Ki Gede Sebayu, Rabu 24 Januari 2023 sore.

PanturaNews (Tegal) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Jawa Tengah, Elvi Yuniarni melantik 81 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Tegal di Pendopo Ki Gede Sebayu, Rabu 24 Januari 2023 sore.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal Elvi Yuniarni berharap seluruh anggota PPS dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya dan harus netral tidak berpihak ke salah satu partai atau golongan

“Anggota PPS harus kerja secara maksimal dan harus netral, tidak berpihak kesalah satu partai atau calon,” tegal Elvi usai melantik.

Kepada seluruh anggota PPS, Elvi berharap agar ikut serta mensosialisasikan tahapan pemilu melalui berbagai sarana komunikasi maupun medsos. Sehingga masyarakat mengetahui secara pasti tahapan demi tahapan pemilu 2024 mendatang.

Komisioner KPU Devisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Permas) Thomas Budiono mengatakan, pelantikan PPS serentak di seluruh Indonesia. Di Kota Tegal ada 81 anggota PPS yang dilantik dari dari 27 kelurahan.

“Setiap kelurahan 3 anggota PPS,” kata Thomas

Menurutnya, PPS ujung tombak dari badan Ad Hoc kepanjangan dari KPU di tingkat kelurahan,  yang akan berhadapan langsung dengan masyarakat, dengan pemilih, parpol dan pengamat-pengamat Pemilu. Untuk itu anggota PPS harus dibekali dengan kemampuan.

“Tugas yang harus segera dilakukan PPS adalah koordinasai dengan keluruhan untuk mendapatkan tenaga sekretariat sekaligus kantor sekretariat,” tegas Thomas.

Selanjutnya, pada tanggal 26 Januari besok, PPS segera mengumumkan untuk pendaftaran Pantarlih (Panitia petugas pemutakhiran data pemilih). “Mereka yang merekrut, yang mengecek administrasi, termasuk yang menentukan, siapa petugas Pantarlih yang akan kita angkat,” ujar Thomas.

Menurut Thomas, di Kota Tegal ada sekitar 891 Pantarlih, berdomisili sekitar RT-RW atau TPS di masing-masing.

“Harapannya mereka bisa menjalankan tugas dengan baik, untuk itu besok akan kita bintek diberi materi orientasi tugas tentang hal-hal yang harus dikerjakan oleh teman-teman PPS,” pumgkasnya.

 

 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita