Rabu, 21/02/2024, 16:21:59
KKN, Mahasiswa Gelar Workshop Pentingnya Menabung dan Pemanfaatan Limbah Barang Bekas Oleh: Tim KKN
Oleh: Tim KKN Mahasiswa UP

TIM Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Peradaban (UP) Bumiayu, Kabupaten Brebes Tahun 2024, menggelar Workshop pentingnya menabung sejak usia dini.

Workshop yang dilaksanakan pada Rabu, 21 Februari 2024, ditargetkan kepada siswa-siswa SD Negeri 02 Dukuh Tengah, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal. 

Acara fokus pada kelas VI usia pengenalan dan penekanan pentingnya menjaga keuangan. Contohnya dengan menjaga kestabilan keuangan, belajar hemat, dan menabung tidak hanya mengajarkan anak meraih apa yang mereka inginkan.

Tapi juga untuk mempersiapkan hal yang tidak terduga di masa depan. Pemahaman kepada anak bahwa di masa depan banyak hal yang tidak terduga bisa terjadi kapan saja dan sebagai tabungan dana kesehatan.

Tim KKN Universitas Peradaban yang terdiri dari 11 Mahasiswa yang melakukan KKN di Desa Dukuh Tengah, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal yang terdiri dari Program Studi Manajemen: Yoga Apriyan, Salsa Okta Nabilla, Lulu Hanin Afifah, Moh. Algi Faris dan Sopani Siswantoro. 

Program Studi Akuntansi: Annisa Ayu Lestari, Program PGSD terdiri dari Mall Rizka, Alfian Lutfiani Lestari, Program Studi Bahasa Inggris: Nesi Lastriyani, Program Studi Farmasi Vania Rakhmawati, Dan Program Studi Sistem Informasi: Pria Insawan.

Kegiatan ini dikoordinir oleh Salsa Okta Nabilla dari Program Kerja Bidang Ekonomi dan Kolaborasi dengan Bidang Lingkungan, dan Bidang Kesehatan. Kegiatan dilakukan dengan pemaparan materi tentang menabung, praktik pembuatan celengan. Dan penilaian Juara 1-3 untuk kategori penilaian memilih kreasi yang bagus dan hadiah digunakan untuk reward partisipasi dalam pembuatan celengan. 

Treatment anak-anak membawa barang bekas dari rumah seperti kaleng, botol atau lainya yang bisa difungsikan untuk membuat kreasi celengan dari barang bekas dengan dihias menggunakan bahan-bahan sederhana tetapi mengandung nilai estetik dan terhadap lingkungan menjadi ramah lingkungan bahwa barang bekas juga dapat memberikan hal yang bermanfaat contohnya botol atau kaleng dijadikan karya sebagai celengan.

“Hasil karya anak-anak kelas VI SD Negeri 02 Dukuh Tengah sangat bagus dan kreatif, Terima kasih KKN Universitas Peradaban semoga dapat diimplementasikan siswa, Jadi gemar menabung” ujar tanggapan dari Bapak Edi Haryanto, S.Pd. selaku Wali kelas VI. 

Terimakasih kepada SD Negeri 02 Dukuh Tengah atas dukungan kesempatan dalam melakukan program kerja KKN Universitas Bumiayu di Desa Dukuh Tengah, sekaligus partisipasi siswa-siswa kelas VI yang sangat antusias mengikuti Program tersebut.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita