Kamis, 01/02/2024, 21:12:29
Ratusan Mahasiswa KKN Universitas Peradaban Diterjunkan ke Brebes dan Tegal
Oleh: Reza Abineri

…menitikberatkan pemberdayaan pada bidang pendidikan, kesehatan dan kehidupan masyarakat…

SEBANYAK 316 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Peradaban, Bumiayu, Kabupaten Brebes Tahun 2024 dilepas oleh Rektor Muh. Kadarisman. Pelepasan dilaksanakan di Kabupaten Brebes dan Tegal, Kamis 1 Februari 2024.

Adapun pelepasan dilaksanakan masing-masing di aula empat kecamatan yaitu Songgom, Tonjong Kabupaten Brebes dan Margasari, Pagerbarang Kabupaten Brebes.

Dalam kesempatan itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Peradaban, Dr Sutarmin M.M mengatakan pada KKN kali ini tersebar di 31 desa yang ada di Kabupaten Brebes dan Tegal.

Program KKN tahun ini, kata dia, memiliki tema yaitu Penguatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Berbasis Aset dan Potensi Desa. KKN ini menitikberatkan pemberdayaan pada tiga bidang yaitu pendidikan, kesehatan, dan kehidupan masyarakat.

"Kuliah kerja nyata berarti mempraktikkan selama perkuliahan kepada masyarakat. Dan kami telah mencanangkan pemberdayaan di tiga bidang guna mendongkrak IPM di Brebes dan Tegal," jelas Sutarmin.

Dia berharap program KKN ini betul-betul dijalankan dengan baik. Mampu melatih diri dalam beradaptasi dan peka terhadap persoalan sosial.

"Berharap selama 35 hari program kerja bermanfaat, karena insan sebagai cendekia yang dapat membantu di masyarakat," tegasnya.

Sementara Wakil Rektor II Universitas Peradaban, Dede Nurdiawati, M.Pd  menambahkan KKN merupakan momen bagi mahasiswa untuk menempa diri di tengah masyarakat. Ia berpesan kepada mahasiswa agar mampu mengkolaborasikan pengetahuan dan sikap dari hasil pembelajaran di kampus.

"KKN ini merupakan bagaimana mahasiswa mengolaborasikan kemampuan akademik teoritis dengan realitas di masyarakat. Apakah kalian sebagai mahasiswa mampu menginventarisasi dan menganalisis persoalan yang dihadapi oleh desa atau kelurahan," katanya.

Dede Nurdiawati juga berpesan kepada mahasiswa untuk manfaatkan KKN ini untuk menciptakan inovasi. Agar, nantinya memiliki kontribusi bagi kehidupan atau masyarakat.

"Saya berpesan kepada kalian agar program kerjanya yang mampu bermanfaat ke lapisan bawah warga. Seperti persoalan stunting, putus sekolah dan lain-lain," tandasnya.

(Reza Abineri adalah Mahasiswa Universitas Peradaban, Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita