Kamis, 01/02/2024, 21:09:04
Perbedaan Miniature Circuit Breaker dan Residual Current Circuit Breaker With Overcurrent
Oleh: Sendi Febriansyah

PEMUTUS arus adalah bagian penting dari suatu rangkaian listrik. Pemutus arus merupakan suatu alat yang digunakan sebagai saklar untuk mengontrol arus listrik sekaligus mengontrol pengapian.

Ketika saklar mendeteksi adanya trip, saklar akan membuka kontak dan mengisolasi tegangan input dan output agar tidak saling bersentuhan.

Banyak jenis pemutus arus yang digunakan dalam suatu rangkaian; namun pada pembahasan kali ini, kami akan fokus pada dua yang paling umum digunakan yaitu Miniature Circuit Breaker (MCB) dan Residual Current Circuit Breaker With Overcurrent (RCBO).

MCB: Kepanjangan atau singkatan dari MCB adalah Miniature Circuit Breaker. Sebuah komponen atau peralatan listrik yang berguna untuk membatasi besarnya arus listrik yang mengalir, dengan cara memutus arus listrik pada instalasi dengan tegangan tertentu.

Jadi jika anda ingin membatasi arus listrik yang mengalir pada instalasi atau alat listrik, anda bisa menggunakan komponen ini. Dalam membatasi arus listrik, komponen ini terdiri dari beberapa ukuran antara lain seperti 2 Ampere, 4 Ampere dan lain sebagainya yang nantinya akan kita bahas.

Komponen-komponen MCB ialah:

-1. Incoming terminal: Incoming terminal adalah terminal tempat memasukkan kabel phasa.

-2. Outgoing terminal: Outgoing terminal sebagai terminal keluaran kabel arus listrik ke beban listrik atau ke instalasi listrik.

-3. Tuas aktuator atau Toggle Switch operasi On/Off: Tuas aktuator atau toggle switch adalah switch untuk memutuskan sambungan incoming terminal dan outgoing terminal (posisi ke atas on dan ke bawah off)

-4. Arc chute: Arc chute berfungsi sebagai pemadam percikan api (busur api) pada saat pemutusan dan penyambungan arus listrik

-5. Magnetic Coil: Magnetic coil berfungsi sebagai pemutus arus yang bekerja berdasarkan prinsip kerja magnetik pada saat terjadi hubung singkat

-6. Kontak Penghubung: Kontak penghubung berfungsi sebagai penghubung arus listrik

-7. Batang Bimetal (Bimetal strip): Batang bimetal berfungsi sebagai pemutus thermal pada saat terjadi beban lebih (overload).

-8. Pengunci: Pengunci yaitu bagian dari miniature circuit breaker yang mengunci dan melepas pada saat ON dan OFF.

RCBO: Pengertian RCBO adalah sebuah pengaman listrik yang mempunyai fungsi sebagai pemutus aliran listrik jika terjadi arus bocor, hubung singkat dan beban lebih.

Jadi alat ini merupakan hasil dari penggabungan fungsi MCB dan ELCB. RCBO merupakan singkatan dari Residual Current Circuit Breaker with Over Current Protection.

Jika kita artikan maksudnya dalam bahasa Indonesia, adalah Rangkaian Pemutus Arus Sisa dengan pengaman arus lebih. Maka dapat kita artikan bahwa alat ini bekerja memutus koneksi listrik (trip) jika terdapat:

-Arus sisa atau arus bocor, -Arus Lebih yang terjadi karena hubung singkat (short circuit) maupun beban listrik yang terpasang melebihi kapasitas (overload).

Perbedaan MCB dan RCBO:

Pada pembahasan kali ini kita akan melihat perbedaan keduanya. Banyak yang bingung menyebutkan namanya dan menganggap keduanya setara. Namun, ada beberapa perbedaan yang cukup besar di antara keduanya.

MCB digunakan untuk proteksi beban berlebih dan korsleting. Namun, RCBO juga digunakan untuk melindungi terhadap arus bumi dan arus lebih. Banyak yang tidak mengetahui arti sebenarnya dari alarm kebocoran; mari kita pahami dulu.

Pada rangkaian normal, arus saluran dan arus netral selalu sama dan seimbang. Namun, setiap kali terjadi gangguan bumi karena arus bocor mengalir melalui tanah, kedua arus tersebut menjadi tidak seimbang karena arus saluran lebih besar daripada arus netral. Perbedaan arus ini disebut arus sisa.

Perbedaan utama yang membedakan kedua pemutus sirkuit ini adalah RCBO memiliki perlindungan tambahan terhadap arus bocor bumi. Pada dasarnya sebagian besar menggunakan mikrokontroler dan bisa juga dikatakan kombinasi MCB dan RCCB. Karena; itu lebih berguna daripada MCB; karena MCB tidak memberikan proteksi terhadap arus bocor bumi..

MCB dipilih berdasarkan beban, arus hubung singkat putus maksimum dan kurva tripping. RCBO dipilih berdasarkan tiga isu berikut; tetapi juga memperhitungkan arus bocor maksimum. Dari segi biaya, RCBO lebih mahal dibandingkan MCB.

MCB digunakan untuk melindungi sirkuit penerangan, AC dan peralatan rumah tangga lainnya; namun RCBO terutama digunakan untuk mematikan listrik ke pemanas air, stopkontak, dan lainya yang dapat menyebabkan orang tersengat listrik.

MCB tidak melindungi orang dari sengatan listrik tetapi RCBO melindunginya. Hal ini karena fungsi utama RCBO adalah mendeteksi gangguan ground dan membuka rangkaian. Arus bumi berbahaya bagi tubuh manusia.

Normalnya, tubuh manusia mampu menahan guncangan sebesar 30 mA. Setelah itu dapat menyebabkan kelumpuhan atau bahkan kematian pada jantung manusia yang lebih lemah. Dan arus kebocoran tanah biasanya dimulai pada 10mA dan bisa melebihi 30mA.

Kapasitas pemutusan RCBO jauh lebih tinggi dibandingkan MCB (biasanya mencapai 10 kA).

Beberapa RCBO juga mempunyai indikator untuk menunjukkan blok tanah. Fitur ini sangat berguna karena membantu teknisi menyelesaikan masalah dengan cepat. Fitur-fitur tersebut tidak tersedia di MCB.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita