Senin, 04/12/2023, 22:56:05
Kumuh, Pj Bupati Keruk Sampah di Pasar Kodim Brebes
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) - Penjabat (Pj) Bupati Brebes Urip Sihabudin bersama Pegawai lainnya dengan semangat menguras sungai Pasar Kodim. Selain untuk menghilangkan kesan kumuh, juga untuk menghindari banjir perkotaan. Terlihat lebih kurang 250 meter aliran sungai buangan di Pasar Kodim Brebes, dibersihkan oleh Pj Bupati beserta pegawai dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah, Senin 4 Desember 2023.

Urip mengatakan, Pasar Induk dan Pasar Kodim sebagai wajah kota masih terlihat kumuh akibat banyaknya sampah. Sehingga, perlu ditumbuhkan kesadaran masyarakat agar lebih tertib membuang sampah. 

Pihaknya, sengaja mengerahkan semua OPD terkait untuk menggelar kerja bakti. Tujuannya, membersihkan seluruh sampah yang menyumbat saluran sungai dan menghilangkan kesan kumuh.

"Persoalan sampah di lingkungan pasar induk, memang masih menjadi PR besar Kabupaten Brebes. Sehingga, harapan kami sinergitas lintas OPD ini tidak hanya sekali berjalan tapi harus berkelanjutan," ungkapnya di sela-sela pembersihan sampah.

Melalui kerja bakti lintas OPD terkait, lanjut Urip, tujuannya juga memberikan contoh sekaligus menggugah kesadaran masyarakat. Sebab, masalah sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga masyarakat. 

Masyarakaat jangan sampai membuang sampah sembarangan dan agar lebih tertib membuang pada tempatnya. Selain melibatkan OPD terkait, petugas pasar sebagai leading sektor juga turut dilibatkan.

"Kerja bakti bersih sampah ini harus menjadi agenda rutin untuk menghilangkan kesan kumuh dan menjadi solusi mengatasi masalah sampah," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Brebes melalui Sekretaris Fajar Adi Widiarso menambahkan, pihaknya sangat mendukung adanya sinergitas dan kolaborasi lintas sektoral dalam penanganan sampah. Terlebih, pasar menjadi wajah fasilitas umum yang kebersihannya menjadi tanggung jawab bersama.

"Tidak hanya menggerakkan kolaborasi lintas sektoral, harapannya masyarakat juga lebih tergugah. Yakni, tidak membuang sampah sembarangan di lingkungan pasar," tandasnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita