Senin, 14/11/2022, 14:45:06
Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek Indramayu, Menjadikan Siswa Kreatif dan Cerdas
LAPORAN RESMAN S

Para siswa SDN Gugus Kecamatan Sindang mengikuti kegiatan Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek Indramayu. (Foto: Dok)

PanturaNews (Indramayu) - Belasan Sekolah Dasar (SD) dari Gugus di Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, menghadiri Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek Indramayu.

Kegiatan Sabtu Ceria siswa-siswi SD ini menampilkan kreasi seperti Tari Topeng, Menyanyi, Membaca Puisi, Karate, Mendongeng, serta Tari Kreasi Tradisional Indramayu.

Dihadiri Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indramayu, Baman, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Indramayu, Iwan Hermawan, Camat Sindang, Suyitno, DKPP Indramayu serta para guru dan siswa dari sekolah dasar di wilayah Kecamatan Sindang.

Bupati Indramayu, Nina Agustina yang diwakili Ketua Pelaksana Kegiatan, Ririen Oce Iskandar menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara acara dan pihak yang mendukung, serta menyampaikan salam kepada para guru dan anak-anak pelajar yang hadir meramaikan acara tersebut.

“Ibu bupati berpesan untuk para pelajar, agar terus bersemangat belajar dalam meraih masa depan yang cemerlang,” tutur Oce.

Kabid Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indramayu, Baman menjelaskan, bahwa pada minggu ketiga ini ada yang berbeda dan luar biasa, sekolah yang hadir sebanyak 11 SD dari satu Gugus di Kecamatan Sindang yaitu Gugus Jaka Tarub, dan adanya kegiatan pelatihan pusat tanaman (PUSPA) untuk edukasi  para siswa.

“Siswa diajarkan bagaimana menyediakan media tanam, cara bercocok tanam sampai masa panen, dimana Program PUSPA ini merupakan hasil ide cemerlang dari Bupati Indramayu Nina Agustina,” kata Baman.

Pantauan Diskominfo Indramayu, menyebutkan antusias dan ceria dari para siswa tampil dalam panggung kreasi Seni dari beberapa sekolah dasar antara lain SDN 2 Penganjang yang membawakan Tari Blarak dan Kun Anta, SDN 1 Penganjang Tari Tanah Ariku, SDN 3 Babadan membawakan Tari Kewer-Kewer.

Sedangkan SDN 1 Babadan Indramayu menampilkan Tari Jaranan dan juga olah vokal yang kesemuanya menampilkan dengan baik. Dalam sabtu ceria juga terdapat kegiatan melukis dengan media Botol Mineral bekas dengan peserta siswa perwakilan sekolah dasar yang hadir dengan pemandu acara Mas Jery, salah satu seniman Lukis Indramayu.

Sabtu ceria di Taman Tjimanoek ini, salah satu kegiatannya adalah Lomba mewarnai dan Literasi dari DPA Kabupaten Indramayu yang bertempat di Area Sudut Baca rumah mangga, dimana menjadi acara rutin di Taman Tjimanoek.

Disela-sela kegiatan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Indramayu, Iwan Hermawan menyampaikan, sangat bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini, dimana setiap minggunya sudah berjalan melaksanakan kegiatan literasi.

“Dinas Perpustakaan dan Arsip Indramayu turut berperan dalam membuat anak-anak Indramayu yang sehat dan cerdas,” ujarnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita