Kamis, 20/10/2022, 21:16:45
KPU Brebes Mulai Verfak Parpol, Riza: Harus Lewati Sawah, Seberangi Sungai
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Petugas dari KPU Kabupaten Brebes saat melakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024. (Foto: Takwo Heriyanto)

"Ini tantangan yang luar bisa, tapi harus kami kerjakan….,”

PanturaNews (Brebes) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mulai melakukan verifikasi faktual (Verfak) kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Sebanyak delapan partai politik (parpol) yang ada di Kabupaten Brebes dilakukan verifikasi faktual,  dengan jumlah anggota partai politik yang diverifikasi mencapai 2.347 orang. 

Untuk mendatangi tempat tinggal anggota partai politik tersebut, tim verifikasi parpol KPU ternyata mendapat tantangan yang cukup berat.  Selain jumlahnya yang cukup banyak, juga tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Brebes  mulai dari wilayah pantai hingga pegunungan. 

Seperti yang dilakukan Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi pada Kamis 20 Oktober 2022, yang harus melewati rintangan cukup ekstrem. Mulai dari masuk gang sempit, jalan buntu, pematang sawah, hingga menyeberangi sungai besar,  seperti Sungai Pemali dengan perahu. 

"Ini tantangan yang luar bisa, tapi harus kami kerjakan. Semua komisioner dan staf KPU terjun semua ke wilayah," ujarnya usai sampai di kantornya. 

Belum lagi tanggapan masyarakat yang namanya tercantum sebagai anggota parpol yang diverifikasi tersebut. Ada yang kaget, ketakutan, hingga ada yang beranggapan mau dapat bantuan.

"Saat verifikasi ini, kita tidak bisa pakai mobil, harus pakai motor, karena pasti akan mencari anggota parpol tersebut hingga ke gang-gang sempit," tambahnya.

Reza berharap masyarakat yang didatangi petugas verifikasi faktual KPU, untuk tidak takut dan menjawab pertanyaan apa adanya. 

"Verifikasi ini tujuannya adalah mengecek keanggotaan partai politik,  jadi apakah masyarakat itu benar atau tidak menjadi anggota parpol tersebut, jawab apa adanya saja," harap Riza yang mantan jurnalis tersebut. 

Hingga saat ini,  KPU Kabupaten Brebes sudah memverifikasi di 5 kecamatan yakni Brebes, Jatibarang, Songgom, Wanasari dan Bulakamba. 

"Besok kita masih lanjut verifikasi di kecamatan lainnya," imbuhnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita