Kamis, 29/09/2022, 15:04:44
Pelaku UMKM Brebes Didorong untuk Membuat Izin Usaha
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Haris Turino, anggota DPR RI Komisi VI memberikan motivasi pada para pelaku UMKM saat kegiatan sosialisasi Program Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Hotel Anggraeni (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) didorong untuk membuat surat izin usaha secara online ataunkanal digital yang telah disediakan. Hal itu mengemuka saat kegiatan Sosialisasi Program Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Hotel Anggraeni, Kamis 29 September 2022.

"Perizinan itu penting, selain memberikan legalitas sebuah usaha juga memberikan keuntungan fasolitas akses dan kemudahan lainnya dari pemerintah," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Brebes, Tety Yuliana saat menjadi nara sumber di acara tersebut.

Menurutnya, adanya surat izin usaha bagi UMKM akan mendapat kemudahan akses berupa subsidi khusus para olaku usaha UMKM hingga mendapatkan pelatihan untuk mengembangkan kapasitas manajemen dari usahanya sehingga akan lebih maju, bahkan dapat menyerap tenaga kerja.

"Tanpa didaftarkan usahanya secara legal, maka akan kesulitan bagi program pemeribtaj maupun swasta untuk menjangkau pelaku usaha tersebut," katanya.

Kegiatan sosialisasi tersebut difasilitasi oleh anggita DPR RI dari Komisi VI Haris Turino dalam rangka pelaksanaan Kolaborasi Program Antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan BKPM dan Komisi VI DPR RI dalam Rangka Sosialisasi Program Pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

Dalam sambutannya Haris yang menjadi anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dari Dapil IX (Kabupaten Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal) ini juga mengajak para peserta yang terdiri dari para pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan fasilitas perizinan dari pemerintah.

"Pemerintah akan memberikan perhatian khusus kepada pelaku UMKM agar tetap hidup dan dan maju," katanya.

Sebagai bentuk perlindungan tehadap UMKM juga didorong untuk membentuk Koperasi bagi UMKM. Koperasi itu penting untuk memudahkan kerja sama dengan pihak lain baik untuk permodalan maupun untuk pemasaran produk.

"Jadi perlu ada Koperasi Seperti yang juga dilakukan para nelayan di Tegal, ada Koperasi yang Kemudian bisa memiliki SPBU khusus untuk solar bagi kebutuhan nelayan," ungkap Haris.

Kegiatan sosialisasi selain menjelaskan masalah perizinan juga masalah pembentukan koperasi bagi kelompok usaha produk masyarakat.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh para pelaku UMKM di wilayah Brebes bagian selatan. Hadir sebagai nara sumber pada kegiatan itu pula, Kepala Dinkopkumdag Brebes, Zainudin dan juga nara sumber dari Kementerian Koperasi dan UKM.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita