Selasa, 27/09/2022, 16:30:39
Cara Dewi Aryani Peringati Hari Tani Nasional: Ayo Pulihkan Kesuburan Sawah
LAPORAN SL. GAHARU

Anggota Komisi IX DPR RI, DR. Hj. Dewi Aryani tanam padi bersama para petani di perbatasan Desa Maribaya dan Plumbungan, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. (Foto: Dok/Tim DeAr)

Itulah sejatinya perjuangan bersama pahlawan pangan kita, petani Indonesia…

PanturaNews (Tegal) - Gotong royong pulihkan kesuburan sawah dengan mengurangi pupuk kimia, dan perbanyak pupuk hayati. Menanam padi di lahan sawah yang sudah di revitalisasi dengan pupuk hayati, hemat sampai 70 persen penggunaan pupuk kimia.

Hal itu dikatakan Anggota Komisi IX DPR RI, DR. Hj. Dewi Aryani, MSi saat tilik dan tanam padi bersama para petani di perbatasan Desa Maribaya dan Plumbungan, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Selasa 27 September 2022.

“Kader Banteng siap melakukan pendampingan advokasi untuk revitalisasi lahan partanian agar menjadi pulih dan subur kembali, dan menghemat pupuk kimia sampai 70 persen,” ujar Politisi PDI Perjuangan yang akrab disapa DeAr.

Menurutnya, momen dalam melaksanakan Hari Tani Nasional tahun 2022 ini, semoga memberi kontribusi dalam pemulihan lahan pertanian sebagai sumber ketahanan pangan nasional, terutama di daerah pemilihan Jawa Tengah IX khususnya.

“Menanam padi di lahan sawah yang sudah di revitalisasi dengan pupuk hayati, hemat sampai 70 persen penggunaan pupuk kimia,” terangnya.

Karenanya, Dewi Aryani akan melakukan demplot yakni percobaan revitalisasi lahan dan pupuk non kimia, sehingga dapat menghemat biaya pupuk yang sangat besar dan menjadi biaya terbesar di sektor pertanian.

“Demplot akan saya lakukan di berbagai desa di kecamatan-kecamatan di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes,” tutur Dewi Aryani.

Kegiatan Tilik Sawah ini, merupakan kegiatan yang dirancang untuk menyapa petani dan dialog langsung, serta diskusi mengenai ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

Tujuanya, kata Dewi Aryani yang berasal dari Dapil Jawa Tengah XI yang meliputi Kota-Kabupaten Tegal dan Brebes ini, yakni membantu memberikan solusi untuk pengembalikan kesuburan lahan sawah dan pertanian seperti padi, jagung, kentang, cabe hingga bawang dan lainnya.

“Pupuk hayati memulihkan kesuburan lahan. Selamatkan sumber ketahanan pangan. Cintai bumi kita, suburkan lahannya, sejahterakan petaninya. Itulah sejatinya perjuangan bersama pahlawan pangan kita, petani Indonesia,” tegasnya.

Selain acara tanam padi yang diawali dengan sarapan nasi ponggol bersama di pinggir lahan sawah, Dewi Aryani juga memberikan bantuan paket sembako kepada puluhan kader dan petani yang hadir.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita