Rabu, 13/04/2022, 21:30:32
Bunda Baca Safari Literasi: Beri Penghargaan Kepada Guru dan Siswa
LAPORAN JOHARI

Bunda Baca Kota Tegal, dr. Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon Safari Literasi dengan mengunjungi SMP Negeri 7 dan 6 Kota Tegal. (Foto: Dok/Johari)

PanturaNews (Tegal) - Bunda Baca Kota Tegal, dr. Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon, melakukan Safari Literasi dengan mengunjungi SMP Negeri 7 dan 6 Kota Tegal, Rabu 13 April 2022.

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Ismail Fahmi, Ketua Forum Perpustakaan SD/Madrasah Indonesia (FPSMI) Jateng, Dr Yusqon, Ketua FPSMI Kota Tegal Taufik, Budayawan Atmo Tan Sidik dan Camat setempat.

Roro Kusnabilla Erfa mengatakan, dengan sinergitas yang sudah terjalin, baik para Penggiat Literasi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, FPSMI diharapkan bisa meningkatkan literasi dimanapun berada, khususnya di sekolah-sekolah.

Menurut Roro, untuk menggiatkan literasi, dituntut inovasi dan terobosan dari sekolah, agar membuat anak merasa tertarik hingga merasakan manfaat dari gerakan literasi.

"Tadi saya memberikan penghargaan kepada guru dan siswa SMP 7 yang sudah menerbitkan buku hasil karyanya," kata Roro.

Kepala SMP 7 Kota Tegal, Dra Ries Murdiani MSi mengatakan kegiatan literasi sudah digiatkan di sekolah, dari mulai tadarus sebelum memulai pembelajaran, setelahnya yakni membaca buku fiksi atau non fiksi.

Dari kegiatan setiap hari tersebut, wajib dirangkum oleh siswa ke dalam buku literasi untuk dilaporkan, dan masuk ke penilaian pelajaran Bahasa Indonesia.

"Kami terus mendorong kepada siswa untuk giat membaca dan menulis. Sebelum pembelajaran dilakukan membaca tadarus," ujar Ries Murdiani.

Selain itu lanjut kepsek,  setiap tahun juga diadakan lomba membuat sinopsis buku dan lomba dibulan bahasa seperti lomba cipta puisi dan cerpen. Dukungan gerakan literasi lainnya yang sudah ada di SMP 7 ada pojok baca, mading, penulisan artikel guru dan siswa, pelatihan jurnalistik, membuat karya antologi puisi dan cerpen.

Ketua FPSMI Jawa Tengah, Dr Yusqon mengatakan literasi di Kota Tegal harus bisa membudaya. Tidak hanya di kampung, kantor tetapi juga di sekolah dan tingkat keluarga harus bisa menanamkan nilai-nilai literasi.

Bunda Baca Kota Tegal merupakan Bunda Baca yang baru-baru ini mendapat penghargaan tingkat nasional, oleh karenanya hal tersebut harus bersinergi dengan peningkatan literasi di Kota Tegal.

“Upaya-upaya menumbuhkan literasi harus terus dilakukan, dari mulai mengembangkan apa yang sudah ada, seperti Wisata Edukasi, Kampung Literasi ataupun Perpustakaan dan Pojok Baca yang ada di setiap sekolah,” ujar Yusqon.

Sementara Kepala Disdikbud Kota Tegal, Ismail Fahmi mengatakan kehadiran Bunda Baca Kota Tegal dalam rangka Safari Literasi ke sekolah-sekolah, diharapkan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan literasi. Menurutnya, Literasi harus bisa dibiasakan dimanapun berada.

Pengenalan literasi bisa dilakukan dengan mudah, bisa dimulai dengan pengenalan budaya. "Hal tersebut bisa mulai ditanamkan kepada siapa saja dengan mengenalkan budaya-budaya Indonesia," ujar Fahmi.

Safari literasi dilanjutkan ke SMP 6. Pemberian buku karya Kang Maman, pengguntingan pita lorong literasi, gazebo literasi dan penandatangan dukungan Wisata Edukasi Sakila Kerti PAI.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita