Selasa, 11/05/2021, 03:47:32
Di Brebes, Boleh Melintas Penyekatan Mudik. Siapa Saja?
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Kendaraan melintas di jalan raya Kabupaten Brebes saat larangan mudik (Foto: Takwo Heryanto) 

PanturaNews (Brebes) - Larangan mudik sudah mulai diberlakukan sejak 6 Mei 2021 lalu. Pemudik yang tetap nekat bepergian akan bertemu dengan pos penyekatan. Namun demikian, mudik lebaran 2021 tidak berlaku di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Artinya, warga atau pengendara yang melintas boleh melintasi penyekatan. Petugas pos memberikan kebebasan bagi mereka melintas di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Petugas tidak akan menghalangi warga Losari (Brebes) yang akan menuju ke pasar Cirebon (Jawa Barat) untuk berbelanja kebutuhan mereka,” kata penanggung jawab Pos Pengamanan Kecipir Ipda Rizky Renandi lewat keterangan tertulis, Senin 10 Mei 2021.

Warga Losari lebih memilih belanja kebutuhan mereka di Cirebon, karena pertimbangan jarak yang lebik dekat dibandingkan ke Kota Brebes. Warga Brebes, Kermi Wahyuni, mengaku senang dengan kebijakan petugas Pos Pengamanan Penyekatan Mudik yang memperbolehkannya melintas perbatasan.

Lantaran, ia kerap berbelanja barang dagangan di Pasar Gubuk, Cirebon. “Kalau saya tidak bisa melintas, usaha saya bisa berhenti. Karena menjelang lebaran pesanan baju, kerudung dan lainnya cukup meningkat,” katanya.

Di sisi lain, petugas melakukan kanalisasi pemudik di Terminal Kecipir. Petugas yang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan mengecek suhu tubuh dan dokumen pemudik. Semua kendaraan, baik roda dua maupun empat diarahkan masuk ke terminal (pos penyekatan).

Mereka yang tidak memenuhi syarat diminta putar balik ke daerah asal. Namun, bagi yang membawa dokumen lengkap dipersilakan melanjutkan perjalanan.

Data Pos Pengamanan Penyekatan Mudik menunjukkan mayoritas pengendara yang diminta putar balik yakni pengemudi sepeda motor. Pengendara paling banyak berasal dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, dan Bekasi.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita