Senin, 04/11/2019, 10:19:51
Seribu Siswa SMA Mengikuti Lomba Membaca Koran
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Sejumlah siswa konsentrasi membaca koran saat lomba literasi massal SMA Negeri 1 Bumiayu (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Lebih dari seribu siswa SMA Negeri 1 Bumiayu, Kabupaten, Brebes Jawa Tengah, mengikuti lomba literasi massal yang digelar sekolah tersebut, Senin 04 November 2019. Lomba yang digelar dalam rangka HUT SMA Negeri 1 Bumiayu sekaligus memperingati Bulan Bahasa itu, dalam rangka pembinaan dan memotivasi minat baca dan menulis siswa.

Waka Kesiswaan SMA Negeri 1 Bumiayu, Karyono Budi Leksono SPd mengatakan, kegiatan lomba literasi juga dimaksudkan sebagai wadah untuk menumbuhkan minat baca. Menulis sangat penting untuk meningkatkan kemampuan literasi.

"Dari aktivitas membaca, siswa akan terbiasa untuk menuliskan segala hal yang diperoleh dari bacaan, dan pengalaman yang dilihat sehari-hari," katanya.

Target kegiatan lomba literasi ini adalah untuk mendorong tumbuhnya gerakan literasi dan budaya membaca pada siswa. Sehingga siswa tidak hanya membaca buku-buku pelajaran saja, tapi juga terbiasa membaca bahan bacaan lainnya, seperti koran majalah dan buku-buku sastra atau ilmiah.

"Pada lomba literasi ini siswa membaca koran secara massal dan dilanjutkan membuat resum dari yang dibacanya," kata Budi.

Dikatakan, pada lomba literasi ini diikuti oleh 1.052 siswa yang dibagi sesuai kelasnya. Siswa Kelas XII membaca editorial, siswa Kelas XI membaca berita utama dan siswa Kelas X membaca berita.

"Setelah membaca sesuai kelasnya, siswa membuat resum dari yang dibacanya untuk dinilai oleh guru bahasa sebagai tim penilai," ungkap Budi.

Kepala SMA Negeri 1 Bumiayu, Samsul Ma'arif MPd mengatakan, kegemaran membaca bisa merangsang minat untuk menulis. Dalam dunia pendidikan, gemar membaca itu sangat penting, dan itu dapat diaplikasikan secara sederhana.

"Semisal dengan menerapkan melalui lomba membaca koran seperti tadi dan membuat resum, sehingga membaca bukan sekedar membaca, tapi membaca secara cerdas," kata Samsul.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita