Rabu, 21/02/2024, 23:03:54
KKN, Mahasiswa UP Tanam Ratusan Pohon Untuk Ciptakan Keseimbangan Lingkungan
Oleh: Tim KKN Mahasiswa UP

PADA kesempatan kali ini, Tim KKN Universitas Peradaban (UP) Kabupaten Brebes, melaksanakan kegiatan secara versatile dengan tujuan untuk reboisasi dan keseimbangan lingkungan.

Kegiatan semacam ini merupakan wujud dan terjemahan secara sederhana tentang proses cinta lingkungan melalui wujud nyata, yaitu penanaman bibit jati dan tanaman bibit duren yang dilaksankan dibeberapa titik yang ada di Desa Randusari, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, 19 Februari 2024.

Hal ini dilaksanakan secara simbolis dan praktesis oleh beberapa tokoh dan stakeholder yang ada di Desa Randusari.

Dalam prosesnya kegiatan ini diawali penanaman pohon pertama secara simbolis oleh Kepala Desa Randusari, Jadi Sanyoto didepan halaman kantor desa.

lalu kegiatan ini dilanjutkan dengan penanaman dibeberapa titik didesa randusari seperti dihalaman depan tempat pembuangan sampah, di lapanagan desa dan di tepi sawah Desa Karangmalang.

Selain menggaet pihak balai desa, Tim KKN di Randusari juga mengelaborasikan dengan kelompok pemuda ARPRA yang memang bergerak dalam bidang sosial kesejahteraan kepemudaan secara holistik.

Maka dari itu kegiatan semacam ini sangat terbantu oleh beberapa stake holder yang ada diatas, karena memiliki kesamaan prespektif ideologis secara positif, dalam hal ini pengembangan lingkungan dan juga proses preferensi lingkungan terhadap dampak dan akibatnya.

Hal ini dapat artikan bahwa pengembangan lingkungan dan proses mitigasi menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi seluruh umat manusia yang ada di Indonesia ini karena dengan derasnya arus pembangunan harus diimbangi dengan proses-proses penyeimbangan lingkungan.

Juga sejalan dengan gagasan dan rumusan awal program kegiatan, yaitu reboisasi di Desa Randusari, sehingga dengan adanya kegiatan ini mereprensentasikan bentuk orisinilitas mahasiswa, masyarakat dan pihak terkait (pemdes) tentunya, untuk selalu menerapkan konsep cinta lingkungan secara preventif dan mitigatif.

 

(Tim KKN di Desa Randusari: Gesang Arul fadila, M Fadel Ismail, Lego Seno, Intan Khumaeroh, Ayu Fadhillatus Shofa, Kharisma Nur Melinda, Atikah Sugiarti, Isfi Mei Luthfi Ani, Muh Alya Gusti, Ulfiyana Nurma. Dosen pembimbing lapangan: Anwar Ardani, M.Pd)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita