Rabu, 21/02/2024, 22:54:31
Sosialisasi dan Pelatihan Penanaman Sayuran Dengan Teknik Hidroponik Pada Siswa MTs
Oleh: TIM KKN Mahasiswa UP

MAHASISWA KKN Universitas Peradaban(UP) Bumiayu, Kabupaten Brebes tahun 2024, Gelar sosialisasi dan pelatihan penanaman sayuran menggunakan teknik hidroponik.

Metode hidroponik ini di lakukan di MTs Miftahussalam Desa Karangsembung, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes pada tanggal 12 Februari 2024. 

Kegiatan ini terdapat berbagai sub kegiatan mulai dari sosialisasi, pengenalan tanaman sayuran hidroponik. Penanaman bibit sayuran hidroponik sekaligus proses penanaman bibit pada Siswa-siswi MTs Miftahussalam Di Desa Karangsembung yang membuat ketertarikan pada siswa-siswa MTs Miftahussalam. 

Pengenalan tanaman hidroponik mulai dari tanaman sayuran seperti kangkung, pakcoy, bayam, selada dan yang lainnya. Selain itu kami juga mengenalkan tanaman buah hidroponik seperti Melon, Srawberry, Semangka dan yang lainnya. 

Tidak hanya pengenalan tentang tanaman hdiroponik, mahasiswa juga menggelar sosialisasi dan pelatihan penanaman sayuran hidroponik mulai dari proses pembibitan hingga sampai proses panen. Mulai dari memilih media tanaman yang di gunakan seperti Rockwooll sebagai media tanam, bibit tanaman yang di gunakan hingga vitamin ab mix dalam proses penanaman tanaman hidroponik yang di tanam, proses pindah tanam hingga terakhir masa panen tanaman hidroponik dan membutuhkan waktu selama 20-25 hari dari proses pembibitan, pindah tanam hingga masa panen. Serangkaian ini kami jalani dalam rangka substansial untuk meningkatkan indeks penguatan manusia Di Desa Karangsembung.

Metode dan Langkah tersebut diupayakan dapat meningkatkan ketertarikan siswa-siswi MTs Miftahussalam dalam budidaya tanaman hidroponik dan kecintaan siswa-siswi terhadap lingkungan sekitar. Sehingga proses kerusakan lingkungan akam terminilisasi karena di bekali dengan output penjagaan lingkungan.

Sosialisasi dan Pelatihan Penanaman Sayuran menggunkan Teknik hidroponik merupakan Langkah dan treatment yang dilakukan oleh Tim KKN Universitas Peradaban desa Karangsembung Pilar Sosial dan Lingkungan, dalam mengimplementasikan program sekaligus gagasan yang sudah di rancang oleh Tim KKN Universitas Peradaban Desa Karangsembung khusus pada pilar sosial dan lingkungan dalam berbagai proses perancangan dan pemikiran dalam merancang kegitan sosialisasi dan pelatihan penanaman sayuran hidroponik ini. 

Teknik Hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunkan tanah, biasanya dikerjakan dalam kamar kaca dengan menggunakan medium air yang berisi zat hara. Metode ini tidak menggunakan media tanam tanah namun diganti dengan menggunkan media air yang mengandung nutrisi serta mineral tertentu untuk menjadi media tanam. Menanam dengan Teknik hidroponik adalah cara yang ramah lingkungan karena prosesnya menggunakan bahan-bahan alam yang tidak menggunakan pestisida secara berlebihan. Karena prosesnya yang organik, maka sayur dan buah hasil budidaya hidroponik cenderung lebih sehat dan ramah lingkungan.

Sosialisasi dan Pelatihan penanaman ini sebagai bentuk dan Upaya dari Tim KKN Desa Karangsembung dalam pengenalan tanaman hidroponik dan edukasi dalam proses penanaman menggunakan Teknik hidroponik, manfaat, kelebihan, target panen dalam pertanian, metode, jenis tanaman, media tanam, cara penyemaian, pemeliharaan dan masa panen dari awal sampai akhir. Tahapan Pelaksanaan mulai dari Pembibitan selama 2 Minggu, proses pertanaman hingga masa panen remaja 25 hari dan masa panen dewasa 40 hari.

Proses kegiatan ini memanfaatkan dengan mengelaborasikan antara Tim KKN Desa Karangsembung, Siswa-siswi MTs Miftahussalam dan para guru-guru MTs Miftahussalam dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan penanaman sayuran menggunakan Teknik hidroponik, sehingga kegiatan ini sangat compare dan seimbang, karena terdapat beberapa unsur yaitu edukasi penanaman, dan lingkungan terhadap siswa-siswi MTs Miftahussalam Desa Karangsembung.

Maka dari itu, kegiatan ini adalah Langkah secara substansial dalam meningkatkan indeks penguatan manusia melalui nilai edukatif dalam penanaman secara hidroponik dan lingkungan.

 

(TIM KKN Mahasiswa Universitas Peradaban Desa Karangsembung: Moh. Rafi Ilyas, M. Nurfaqih Alisuro, Roy Dani Ardiansyah, Muhammad Nauval Satya Amin, Cintya Azmi, Yunita Amelia Kartika, Tri Agustin, Linda Yulianti, Cantika Dwi Rizqiani)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita