Senin, 23/10/2023, 21:42:12
1.228 Petani Dapat Bantuan Mesin Pompa Air Gratis. Mbak Mitha: Ada Oknum Pungut Biaya Lapor Polisi
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Anggota Komisi VII DPR RI, Paramitha Widya Kusuma memberikan bantuan mesin pompa air konversi bahan bakar gas (BBG) kepada sebanyak 1.228 petani di Kabupaten Brebes. (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Anggota Komisi VII DPR RI, Paramitha Widya Kusuma memberikan bantuan mesin pompa air konversi bahan bakar gas (BBG) kepada sebanyak 1.228 petani di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Bantuan yang diberikan secara simbolis oleh politisi cantik PDI Perjuangan dari Dapil IX Jateng itu, diberikan kepada ribuan petani berlangsung di Gedung Islamic Center Brebes, Senin 23 Oktober 2023.

Mereka menerima bantuan berupa mesin pompa air, converter kit, bracket, regulator, tabung elpiji, serta selang hisap dan buang.

Menurut Mbak Mitha, panggilan akrab Paramitha Widya Kusuma, pompa BBG tersebut dianggap bisa lebih menghemat ongkos produksi pertanian hingga 65 persen sekali tanam. 

Perbandingannya, untuk satu tabung gas elpiji ukuran 3 kg setara dengan 6 liter BBM jenis pertalite untuk sekali mengairi tanaman. Apalagi saat musim kemarau, yang mayoritas petani kesulitan air irigasi untuk pengairan tanaman. 

Untuk itu, mereka harus lebih sering menyedot air di saluran irigasi yang membuat biaya produksi membengkak. Bantuan mesin pompa air konversi BBG itu, diberikan kepada petani secara gratis. 

'Termasuk bantuan bedah rumah bagi warga miskin yang sudah dilakukan sebelumnya juga gratis. Kalau ada oknum yang memungut biaya, laporkan ke polisi," tegas Mbak Mitha.

Adapun, untuk menerima bantuan pompa air BBG, para petani harus menunjukkan pompa lama yang masih menggunakan BBM. Pompa yang ditunjukkan akan diberi tanda oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Brebes agar tidak digunakan lagi untuk menyiram.

Selanjutnya, pompa lama kemudian akan dibawa pulang para petani untuk disimpan dan tidak boleh digunakan lagi. 

Dalam waktu dekat, Mbak Mitha juga akan memberikan bantuan berupa rice cooker gratis kepada masyarakat. Paket bantuan dari program Pemerintah tersebut terdiri dari satu set rice cooker, buku pengoperasian rice cooker, kartu garansi, dan brosur yang berisi rekomendasi pola pemakaian rice cooker.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita