Selasa, 23/05/2023, 20:00:17
KPU Brebes Terima Penambahan Bakal Caleg Dari Dua Parpol. Kok Bisa? Ini Penjelasannya..
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Partai Buruh saat memperbaiki berkas persyaratan pendaftaran bakal caleg ke KPU Brebes. (Foto : Takwo Heriyanto/Dok)

PanturaNews (Brebes) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Tengah, menerima penambahan bakal calon legislatif (caleg) dari dua partai politik (parpol) yang sebelumnya sudah di daftarkan. 

Dua parpol peserta pemilu 2024 yang mengajukan tambahan bakal caleg tersebut, adalah Partai Gelora dan Partai Buruh.

Dari daftar pengajuan kembali (tambahan-red) yang dilakukan oleh Partai Gelora dan Partai Buruh ke KPU Brebes itu, sebanyak 37 bakal caleg untuk DPRD Brebes. 

Untuk Partai Gelora menambah 10 bakala caleg dan Partai Buruh menambah 27 bakal caleg. Dengan demikian, total bakal caleg yang diterima KPU Brebes tercatat 733 dari sebelumnya 696 orang. 

Komisioner KPU Brebes Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ita Listiana Ningsih menjelaskan, adanya penambahan bakal caleg dari dua parpol itu, mengacu Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 495 dan 496. Isinya, perihal pengajuan kembali bakal calon anggota DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/ kota akibat kendala SILON atau kendala lainnya.

Menurut Ita Listiana, berdasarkan tiga surat edaran dari KPU RI terkait pengajuan kembali bakala caleg DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/ kota, tercatat, hanya ada dua dari 18 parpol peserta pemilu 2024 yang mengajukan tambahan bakal caleg.

"Partai Gelora, semula 40 bacaleg dilengkapi menjadi 50 bacaleg. Sedangkan Partai Buruh, sebelumnya hanya 12 sekarang tambah menjadi 39 bacaleg," terang Ita Listiana, saat dikonfirmasi, Selasa 23 Mei 2023.

SE KPU RI tentang penambahan bacaleg, lanjut Ita, semuanya memiliki batas waktu. Artinya, penambahan bacaleg yang diajukan parpol disesuaikan dengan rentang waktu tertentu. Termasuk, kelengkapan administrasi persyaratan bacaleg yang sudah diterima KPU Brebes. Dengan begitu, proses selanjutnya akan dilakukan verifikasi dan validasi berkas dokumen kelengkapan bacaleg.

"Adapu tahap selanjutnya yaitu, verifikasi kelengkapan berkas dan dokumen persyaratan bacaleg. Pelaksanaannya 15 Mei-23 Juni mendatang," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi menambahkan, dengan jumlah total mencapai 733 bacaleg yang sudah diterima. Pihaknya mengaku, terus mengimbau seluruh bacaleg segera menyiapkan kelengkapan berkas. Khususnya, semua dokumen terkait syarat personal baik SKCK, surat keterangan kesehatan hingga pengadilan.

"Khusus semua bacaleg yang pernah berstatus terpidana, juga diwajibkan mencantumkan pengumuman. Yakni, pada media massa yang terverifikasi dewan pers," tandasnya. 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita