Senin, 06/03/2023, 21:46:23
Bina Petani Tegal, Dewi Aryani: Gunakan Pupuk Hayati, Lahan Subur Panen Melimpah
LAPORAN SL. GAHARU

Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani menghadiri panen padi bersama di Desa Pedeslohor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. (Foto: Dok/Tim DeAr)

...ketahanan pangan nasional dapat terwujud, jika dimulai dari desa-desa…

PanturaNews (Tegal) - Saat ini diketahui banyak sekali lahan pertanian yang rusak akibat penggunaan pupuk kimia berlebihan. Salah satu cara mengembalikan kesuburan lahan, dengan memberikan jenis pupuk yang aman yaitu pupuk hayati majemuk.

Hal itu dikatakan Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani, MSi saat menghadiri panen padi bersama di Desa Pedeslohor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Senin 06 Maret 2023.

 

“Dengan pupuk hayati majemuk, lahan kembali subur, biaya pertanian menurun dan panen melimpah, sehingga petani mendapatkan keuntungan yang sepadan,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Salah satu komitmen dalam membangun ketahanan pangan, Politisi PDI Perjuangan dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kabupaten-Kota Tegal dan Brebes ini, melakukan membina petani di daerah pemilihannya.

 

Pembinaan yang dilakukan Dewi Aryani, mulai dari pendampingan menanam menggunakan pupuk hayati majemuk Simbah Uti hingga pasca panen. Pupuk hayati majemuk ini dapat di gunakan di sawah pertanian padi, perkebunan jagung hingga sayuran dan buah-buahan.

“Jika cara baru ini di lakukan di berbagai daerah, maka kesuburan lahan sawah dan pertanian lainnya dapat kembali subur,” tegas Perempuan Parlemen 3 Periode ini.

 

Komitmen dalam membangun ketahanan pangan, Dewi Aryani akan terus menggelarakan program ini, sehingga dapat turut serta membangun ketahanan pangan berkelanjutan.

“Saya yakin ketahanan pangan nasional dapat terwujud, jika dimulai dengan membangun ketahanan pangan di desa-desa di seluruh Indonesia,” pungkas Dewi Aryani.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita