Jumat, 03/02/2023, 11:42:10
Entrepreneur Muda, Pemuda Harapan Bangsa
Oleh: M. Faisal

ENTREPRENEUR merupakan orang yang memiliki tekad untuk mengambil resiko dan peluang yang ada di depannya, menurut pendapat ahli entrepreneur ialah seseorang yang mencari perubahan, menanggapi, dan memanfaatkannya sebagai sebuah peluang. Dengan kata lain entrepreneur adalah seseorang yang memiliki tekad untuk merubah sistem ekonomi menjadi lebih baik lagi.

Tidak ada kerugian bagi seseorang yang ingin menjadikan dirinya sebagai entrepreneur, walaupun entrepreneur didalamnya terdapat berbagai macam kendala dan rintangannya, tetapi entrepreneur juga memiliki segudang manfaat dan keuntungan, di antaranya adalah semua keuntungan  yang dihasilkan hanya akan dimilki oleh diri sendiri, bisa menentukan usaha apa yang akan dijalani, dan akan menumbuhkan jiwa kemanusiaan yang tinggi.

Keuntungan tersebut adalah suatu kemudahan, bahkan suatu hal yang sangat berharga bagi seorang yang berani terjun kedalam dunia entrepreneur.

Banyak sekali unit usaha yang bisa diambil oleh seorang entrepreneur (wirausahawan), seperti: Usaha franchise, Usaha di bidang perdagangan barang elektronik dan furniture, UMKM, dan Usaha-usaha lainya.

Adapun cara-cara menjadi enterpreneur muda yang handal ialah berani dalam mengambil keputusan, tidak takut akan kegagalan, dan peka terhadap apa yang bisa menjadi sebuah peluang usaha atau bisnis.

Berbicara tentang entrepreneur, seseorang entrepreneur juga memiliki karakteristik tersendiri, seperti: Rasa percaya diri yang tinggi, Energetic, Hard working, kreatif, inovatif, dan Gemar bersaing/bertanding/berkompetisi. Karakteristik inilah yang membedakan seorang entrepreneur di mana karakteristik-karakteristik  tersebut tidak akan di temukan di diri orang biasa.

Di era modernisasi seperti sekarang tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi seorang entrepreneur bukanlah suatu hal yang sangat sulit, di mana kecanggihan teknologi dan keterbukaan ekonomi menjadi faktor kemudahan untuk menjadi seorang entrepreneur.

Maka dari itu jiwa jiwa mudah harus bisa dan mau mencoba bergelut di dunia entrepreneurship, karena dengan berani bergelut di dalamnya juga akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi suatu bangsa.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita