Jumat, 03/02/2023, 11:31:36
Megembangakan Pontensi Siswa Dalam Pembelajaran Di Masa Mendatang
Oleh: Muhammad Usmanto

DALAM pembelajaran merupakan kegiatan yang di utamakan. Hal ini peran orang tua dan guru harus sangat memperhatikan serta adanya  dukungan yang kuat terhadap siswa agar potensi dalam diri  siswa terus berkembang dan maju suapaya meningkatkan imajinasi dari siswa dalam Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada peserta didik untuk mencapai hasil belajar.

Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat diajukan dalam berbagai bentuk seperti berubahnya pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, keterampilan, kecakapan dan kemampuan, daya reaksi, daya penerimaan dan lain lain aspek ya  ng ada pada individu yang belajar.

Pembelajaran adalah  suatu tempat untuk mengasah diri agar selalu berfikir segala sesuatu yang dapat membawa di masa depan dan pengetahuan dalam berteraksi yang berlangsung  maupun tidak langsung antara pendidik dengan peserta didik  hal ini proses pembejaran jangan terlalu disepelekan oleh sebab itu pendikan sangat sangat berperan bagi masyarakat

Banyaknya siswa yang sering mengalami berbagai masalah yang di hadapai dalam proses pembelajaran seperti tidak bisa membaca, terlambat datang sekolah, bosan terhadap pembelajaran yang tidak menarik dan sebagainya

Dalam permasalahan ini kita dapat mengerti  permasalahan yang di hadapi siswa . bagaimana seorang guru dapat memberikan pembelajaran yang baik agar siswa benar benar mengetahui imu yang telah diberikan.

Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No.20 tahun 2003 mengatakan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam arti pembelajaran merupakan proses belajar yang diciptakan guru dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas berfikir peserta didik sehingga kemampuan berfikir juga meningkat. Tidak hanya itu, proses belajar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pelajaran.

Aktivitas belajar di sekolah maupun di lingkungan lain bertujuan sama agar meningkatkan belajar yang baik .upaya ini  tidak mudah begitu saja yang di harapkan sesorang butuh waktu yang sedikit lama hal ini kita harus menyadari pentingnya belajar proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan untuk mengasah kemanpuan diri seseorang hal  ini  berarti dalam upaya guru dan siswa  harus benar benar serius dalam mengembangkan belajar yang baik.

Di era moderen sekarang sangat berpengaruh besar terhadap pembelajaran oleh karena itu  kita harus bisa memaanfaat kan  dan mengusai berbagai  macam seperti hp, leptop dan sebagainya dalam menngunakan alat teknologi  juga  harus bijak dalam mengoprasikanya sebab itu peran orang tua  atau guru bisa mengwasi anak anak nya dalam menggunakan teknologi dunia sekarang.

Secara umum kunci pokok pembelajaran ada pada guru (pengajar), tetapi bukan berarti pada proses pembelajaran hanya guru yang memiliki peran aktif sedangkan siswa pasif. Pembelajaran menuntut keaktifan kedua belah pihak yang sama-sama menjadi subjek pembelajaran.Jika pembelajaran ditandai oleh keaktifan guru sedangkan siswa hanya pasif, maka pada hakikatnya kegiatan itu hanya disebut mengajar.

Demikian pula bila pembelajaran dimana siswa yang aktif tanpa melibatkan keaktifan guru untuk mengelolanya secara baik dan terarah, makan hanya disebut belajar.Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menuntut keaktifan guru dan siswa. Sesuai dengan pendapat Pestallozi, (2010) dalam sebuah buku Didaktik Asas-Asas Mengajar, adalah sebagai berikut: “Tugas pendidik adalah membantu siswa dalam perkembangannya sendiri”. “Hilfe zur Selbsthilfe” membantu siswa, agar siswa dapat membantu dirinya sendiri.

Dalam perkembangan di indonesia saat ini sangat meperantinkan adaya pengaruh global  oleh sebab itu pendidikan di indonesia sangat rendah dibanding negara lain hal ini pemerintah tidak boleh berdiam sajah mengadapi permasalan ini berdampak besar terhadap proses pembelajaran siswa, mengahadapi masalah ini sering kali kita tahu tetapi kita selau mengabaikan masalah tersebut.

Oleh sebab itu kita tidak  boleh  terpengarung hal hal negatif yang bikin pembejaran terggangu dan terabaikan dipembelajaran ini guru dan orang tua  harus memberikan bimbingan, dukungan serta motivasi dalam pembelajaran agar pontensi dari siswa terus ter asah menemukan ide baru  suapaya pendindikan di Indonesia betambah maju.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita