Minggu, 13/11/2022, 12:01:10
Membendung Serangan Game Online Dengan Ektrakulikuler di SD Islam Taallumul Huda
Oleh: Indra Gautama

DIKUTIP dari Kemdikbud Direktorat Sekolah Dasar menyebutkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter.

Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu: (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Sekolah Dasar (SD) Islam Ta’allumul Huda Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menyelenggarakan berbagai ekstrakulikuler yang dapat diikuti oleh peserta didiknya, dari kelas satu sampai dengan kelas enam.

Ini sebagai bentuk usaha dari sekolah untuk mengurangi dampak negatif dari berbagai macam game online, serta konten-konten di internet yang banyak di gandrungi oleh anak-anak serta orang dewasa.

Berkembangnya teknologi terutama internet yang cukup pesat pada saat ini ibarat dua mata pisau, yaitu memiliki sisi positif dan sisi negatif yang dapat mempengaruhi peserta didik. Sisi positif dengan adanya internet antara adalah:

-Peserta didik dapat mencari informasi tentang materi-materi pelajaran diluar dari buku teks yang ada.

-Dengan adanya internet maka komunikasi antara peserta dengan guru atau dengan orang tua akan lebih mudah dengan adanya grup whatsapp.

-Mudah memahami materi dengan adanya konten-konten di youtube dan platform lainnya dengan tampilan video yang menarik.

-Meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam belajar dengan banyaknya konten tutorial tentang bermacam-macam hal. Dan masih banyak sisi positif lainnya.

Selain sisi positif tentunya ada juga sisi negatifnya antara lain adalah:

-1. Peserta didik lebih banyak waktu bersama gadget, asik dengan dunianya tanpa memperdulikan lingkungannya.

-2. Suka menyendiri, asyik bermain game sampai lupa waktu. -3. Mengurangi waktu belajar sehingga tugas dari sekolah sering terlupakan.

-4. Mengganggu kesehatan terutama mata bila menatap layar handphone terlalu lama. -5. Peserta didik jadi gampang marah, serta banyak sisi buruk lainnya.

Sebagai sekolah yang peduli dengan kondisi zaman seperti sekarang ini, serta berusaha untuk dapat ikut serta mengurangi dampak negative dari internet, SD Islam Ta’allumul Huda berusaha mencegahnya dengan berbagai program ekstrakulikuler. Antara lain adalah:

-Ekstrakulikuler pramuka, yaitu merupakan ekstrakurikuler wajib, yang diatur khusus dalam Peraturan  Permendikbud RI Nomor 63 tahun 2014 yang dimaksud berbentuk pendidikan kepramukaan.

-Ekstrakulikuler kesenian didalamnya antara lain ada menari, menyanyi, drama, Marching Band, dan -Ekstrakulikuler olahraga antara lain karate, renang dan Panahan.

-Keagamaan meliputi tahfidz Qur'an dan Qiroah. -Dokter kecil. -English community yaitu wadah peserta didik untuk belajar Bahasa Inggris.

Dengan berbagai program ekstrakulikuler yang dilaksanakan di SD Islam Ta’allumul Huda diharapkan peserta didik dapat mengurangi penggunaan gadget secara berlebihan. Peserta didik berkurang dalam bermain game online dirumah, dan disekolah mereka bisa berkegiatan sesuai bakat dan minatnya serta bersosialisasi bersama dengan teman-teman sekolahnya

Selain untuk menjauhkan anak-anak dari game online, ekstrakuliker di SD Islam Ta’allumul Huda memiliki target kedepannya yaitu juara dalam lomba yang diadakan baik oleh dinas maupun oleh yang lain.

Misal untuk pramuka ada lomba siaga, kesenian ada FLS2N, olahraga ada POPDA keagamaan ada MAPSI dan berbagai lomba lainnya dimana kegiatan ekstrakulikuker tersebut sangat membantu dalam proses menjadi juara.

Untuk melakukan kegiatan ekstrakulikuler perlu dibuat program yang baik berkelanjutan serta konsisten agar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Melengkapi sarana dan prasana seperti alat-alat penunjang kegiatan seperti dalam kepramukaan dapat berbentuk tenda, perlengkapan ketrampilan dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan panahan seperti alat yang standar untuk lomba, busur, anak panah, bantalan target dan asesoris lainnya, dalam kesenian perlengkapan seperti alat musik juga perlu diperhatikan sehingga ekstrakulikuler akan berjalan dengan baik dan menyenangkan untuk peserta didik.

Selain itu, untuk menunjang keberhasilan ekstrakulikuer, SD Islam Ta’allumul Huda Juga bekerjasama dengan elemen-elemen lainnya seperti, klub olahraga renang, Klub panahan, pelatih yang terbaik dari luar sekolah, unit kegiatan kemahasiswaan dan lainnya.

Dengan bekerjasama dengan pihak lain diharapkan ekstrakulikuler selain untuk mengembangkan bakat dan minat, ekstrakulikuler juga bisa menjadi jalan untuk mencapai prestasi terbaik dalam ajang lomba. Keberhasilan dalam mendidik anak tentunya bukan hanya tugas sekolah saja, tapi juga kedua orang tuanya.

Komunikasi yang intens serta saling berbagi informasi tentang peserta didik atara guru dengan oran tuanya akan memudahkan untuk mencapai tujuan yaitu memberikan yang terbaik untuk peserta didik, sesuai dengan harapan orang tuanya.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita