Kamis, 25/08/2022, 00:55:10
Zahra, Warga Kota Tegal Sejak Bayi Menderita TB Tulang
LAPORAN JOHARI

Wali Kota Tegal Dedy Yon memberikan bantuan kepada warga penderita TB Tulang

PanturaNews (Tegal) - Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono menfasilitasi pengobatan  Zahra Rahmadini (13) pendèrita TB tulang, warga RT 01RW 03 Kelurahan Debong Tengah, Tegal Selatan, Kota Tegal, Rabu 24 Agustus 2022.

"Kita perintahkan nanti, karena keluarganya tidak memiliki kendaraan sehingga Pemerintah melalui Puskesmas nantinya akan melakukan antar jemput ke rumah sakit untuk berobat, terapi secara rutin," ujar Wali Kota Tegal saat kunjungan ke rumah Zahra Rahmadini yang mengalami kelainan tulang belakang bengkok,

Selain menfasilitasi pengobatan, Dedy Yon juga memberikan bantuan berupa uang, makanan dan minuman.

"Zahra harus terus berobat secara rutin di rumah sakit. Saya perintahkan dinas terkait untuk memberikan pendampingan," tegas Dedy Yon.

Pihaknya sudah mengkoordinasikan dengan instansi terkait, agar JKN, PKH dan Bansos dan obat-obatan yang diperlukan harus diberikan kepada yang bersangkutan.

Anak pertama dari pasangan Eko Imam Supastio (44) yang bermatapencaharian merantau sebagai tukang kayu dan Tasbikha (45) tersebut mengalami kelainan tulang belakang sejak berusai lima bulan.

Tasbikha menceritakan, awalnya Zahra lahir normal seperti pada umumnya bayi-bayi lainnya, pada saat berusia lima bulan, Zahra mengalami batuk dan panas, setelah diperiksakan Zahra tak kunjung sembuh, dan mengalami panas dan kejang.

Kemudian Zahra dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Tegal, dan setelah panas dan kejang tersebut Zahra tidak tumbuh normal seperti anak-anak seusianya. Praktis Zahra hanya duduk di kursi roda.

Tasbikha mengaku sudah berupaya melakukan pengobatan baik medis maupun alternatif bagi kesembuhan Zahra, namun hasilnya tetap sama.

Lurah Debong Tengah, Iwan menyampaikan bahwa, Zahra masuk ke dalam kepesertaan BPJS. yang bersangkutan masuk menjadi warga Kelurahan Debong Tengah pada 2017 lalu pindah dari Kabupaten Tegal.

“Jadi saat pindah ke Kota Tegal, usia Zahra sudah 7 tahun dan sudah sakit,” kata Iwan.

Kepala Puskesmas Pembantung Debong Tengah, dr Hartono mengatakan, orang tuanya malas mengantarkan anaknya berobat ke rumah sakit maunya berobatnya ke alternatif.

“Saat usia bayi 0-5 bulan Zahra normal, setelah sakit panas dan setelah sembuh badanya semakin kurus dan ada kelainan tulang belakang. Hasil rekam medis menderita TB Tulang,” ungkap dr Hartono.   


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita