Selasa, 21/06/2022, 19:39:11
Yayasan Ruang Inovasi Desa Akan Gelar Workshop Kiat Sukses Menjadi Kades
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Yayasan Ruang Inovasi Desa menggelar konfrensi pers rencana kegiatan workshop kiat sukses menjadi Kepala Desa (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Yayasan Ruang Inovasi Desa, akan menggelar workshop Kiat Sukses Menjadi Kepala Desa 15-16 Juli 2022 mendatang, di Dhyantie Convention Hall Anggraeni Hotel Bumiayu, Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Workshop angkatan pertama ini akan diikuti puluhan Kepala Desa baru di Kabupaten Brebes.

Penggagas dan pencetus Yayasan Ruang Inovasi Desa, Baitsul Amri SHI mengatakan, kegiatan bertujuan untuk membekali bagi para Kepala Desa dalam mengelola pemerintahan desa.

"Banyak dari Kepala Desa (Kades) khususnya yang baru belum menguasai tentan btugas dan fungsi atau tupoksinya sebagai di Pemerintahan Desa, melalui workshop nanti akan saling berbagi dengan Kepala Desa atau praktisi yang berpengalaman," katanya saat menggelar konferensi pers, Selasa 21 Juni 2022.

Menurutnya, Pemerintahan Desa sebagai unit terdepan pelayanan masyarakat dan tonggak utama untuk keberhasilan semua program pembangunan. Memperkuat desa merupakan suatu keharusan yang tidak dapat ditunda dalam upaya untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan otonomi desa pada khususnya dan otonomi daerah pada umumnya.

"Kemandirian desa dalam konteks otonomi daerah memerlukan kesiapan lembaga social, politik dan ekonomi desa itu sendiri. Oleh karenanya peningkatan fungsi dan peran kelembagaan desa memiliki arti yang strategis," terangnya.

Sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dimana Pemerintah Desa adalah penyelenggara urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat dalam sistem pemerintahan NKRI guna melakukan pembangunan desa dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Untuk menguatkan pilar politik dan pemerintahan desa, maka kepala Desa perlu penguatan kapasitas dasarnya.” ujar Baitsul Amri yang juga Kepala Desa Benda, Sirampog ini. 

Dikatakan, baik buruknya suatu birokrasi negara sangat dipengaruhi oleh kualitas kepegawaian negaranya. Kepegawaian negara merupakan faktor dinamis birokrasi yang memegang peranan penting dalam semua aspek pelayanan publik penyelenggaraan pemerintahan terutama di tingkat paling bawah yaitu di Desa.

“Kiat Sukses Menjadi Kepala Desa ditujukan kepada calon-calon kepala desa, atau kepala desa definitif yang ingin mengembangkan kemampuannya sebagai kepala desa dalam pengelolaan pemerintahan desa, dan sukses menjalankan masa jabatannya” tutur Baitsul Amri.

Ditambahkan, pada kegiatan yang berlangsung tiga hari itu, kepala desa akan belajar tentang penguatan lima kapasitas dasar sebagai kepala desa. Kapasitas dasar tersebut meliputi kapasitas regulasi, kapasitas ekstraktif, kapasitas distributive, kapsitas responsive, dan kapsitas jaringan.

“Kelima hal dasar itulah yang akan menjadi bekal bagi para kepala desa, khususnya kepala desa yang baru terpilih, untuk mengelola tata pemritnahan desa,” tambah Baitsul.

Workshop akan mengahdirkan sejumlah narasumber yang berpengalaman, antara lain Baitsul Amri, SH.I (Kepala Desa benda, Sirampog, Brebes), Wahyudi Anggoro Hadi (Lurah Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta), DPMD Kabupaten Brebes, dan tim dari Yayasan Sanggar Inovasi Desa, Panggungharjo, Yogyakarta. 

Pada waktu yang sama juga akan Yayasan Ruang Inovasi Desa juga akan menggelar Sekolah BUMDes bagi para pengelola BUMDes yang bertempat di Balai Desa Benda.

“Ini juga sekolah perdana, harapannya diangkatan-angkatan berikutnya akan lebih banyak lagi pesertanya, baik di wilayah Brebes maupun lainnya," katanya.

Sekolah BUMDes mengusung tema Menemukan Ide Bisnis, Mencetak Profit ini akan beriringan dengan Kiat Sukses Menjadi Kepala Desa. Pada Sekolah BUMDes, peserta akan dilatih untuk mengenali ide Bisnis, menghitung kalkulasi Bisnis, hingga pengelolaan keuangan BUMDes.

“Peserta juga akan dilatih dan didampingi untuk mengajukan persyaratan Badan Hukum Bumdes.” kata Baitsul.

Yayasan Ruang Inovasi Desa merupakan wadah untuk berbagibagi masyarakat dalam masalah pengelolaan penyelenggaraan pemerintah dan lembaga di desa. Yayasan ini juga dapat menjadi pendamping bagi siapa saja yang ingin menambah pengetahuan tentang desa.

Yayasan Ruang Inovasi Desa saat ini kelola oleh Baitsul Amri selaku inisiator dan Imam Mizaki sebagai ketua yayasan dan Eka Septiani sebagai sekretaris.

 

 

 

 

 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita