Kamis, 24/06/2021, 20:12:08
Tak Kenal Dunia Internet, Teksin Juara 1 Catur Online. Luar Biasa!
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Camat Losari memberikan uang pembinaan dan piagam penghargaan kepada Teksin, peraih medali emas catur kilat senior Kejurprov Catur Online tingkat Jawa Tengah. (Foto: Dok/Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Sungguh luar biasa atas pencapaian prestasi yang diraih Teksin. Dia berhasil meraih juara 1 catur online untuk kategori kilat senior, yang digelar selama dua hari.

Teksin (44) Pedukuhan Crucug, Desa Karangdempel, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes ini, menyabet juara 1 dalam even Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Online tingkat Jawa Tengah.

Alhasil, dengan torehan prestasi yang membanggakan tersebut, Teksin yang tinggal di pedukuhan terpencil ini, layak mendapatkan sebuah medali emas dalam ajang olahraga asah otak itu.

Padahal, kejuaraan catur online baru pertama kali ia ikuti. Sebelumnya, ia hanya mengikuti even-even kejuaraan catur yang digelar dengan sistem tatap muka secara langsung.

Bahkan, handphone yang dimilikinya selama ini, boleh dibilang jadul. Itu lantaran, gadget yang ia miliki bukan handphone android yang memiliki akses internet dan aplikasi game catur juga aplikasi lainnya.

Berbeda dengan lawannya atau teman satu tim yang handphonenya sudah android, dan dilengkapi berbagai fasilitas aplikasi. Tentunya keberhasilan yang diraih salah satu atlet catur binaan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Brebes ini, tidak lepas dari kegigihan dan motivasinya yang tinggi dengan mempelajarinya terlebih dahulu atas bimbingan dari pelatihnya, yaitu Sugondo.

Dengan tanpa rasa minder, ia pun belajar bagaimana cara berkompetisi catur melalui online atas bimbingan dari pelatihnya. Meski dibimbing hanya dengan waktu dua hari sebelum kejuaraan catur online dilaksanakan, ia akhirnya sukses meraih gelar juara catur onlie tingkat Jateng di ajang catur kilat untuk kategori senior tersebut.

Selain mendapatkan 1 medali emas di kategori kilat perorangan senior, ia juga berhasil memperoleh 1 medali perunggu dikategori cepat senior.

"Tentunya ini sebuah kebanggaan luar biasa bagi kami, khususnya Percasi Kabupaten Brebes. Apalagi, atlet caturnya tinggal yang justru dari jangkauan internet. Bahkan, handphone yang dimilikinya juga handphone jadul yang tidak memiliki aplikasi, salah satunya aplikasi game catur," ujar Ketua Percasi Brebes, Ganis Alfaruqi Akbar, Kamis 24 Juni 2021.

Dalam ajang Kejurprov Catur Online tingkat Jateng itu, kata Ganis, atlet catur binaannya atas nama Diniar Nafta Amira (7), juga berhasil menorehkan medali emas kilat untuk kategori junior.

Bocah mungil yang masih duduk di bangku kelas 1 SD asal Kecamatan Kersana ini, berhasil mengalahkan lawannya di kategori catur kilat dengan catatan waktu 5 menit + 3 detik.

Pelatih Nasional Pratama (PNP) Percasi Brebes, Sugondo, memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan atlet-atlet catur binaannya meraih 2 medali emas kategori kilat senior dan junior, serta meraih 1 medali perunggu kategori cepat senior.

"Kami berharap kepada atlet-atlet catur kami agar terus berlatih guna meraih hasil yang lebih baik dan membanggakan lagi," harapnya.

Sementara, Non Playing Capten atau Manager Percasi Brebes, Moh. Amirudin, berharap semoga dengan keberhasilan atlet-atlet catur binaanya yang meraih prestasi bisa memotivasi. Khususnya bagi atlet-atletnya yang belum berprestasi, dan pada umumnya bagi atlet cabang olahraga lainnya yang ada di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Brebes.

Terpisah Camat Losari, Suwarno, memberikan apresiasi yang tinggi kepada salah satu atlet catur asal daerahnya yang sukses meraih prestasi medali emas dan perunggu, yakni Teksin.

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan yang tinggi, pihaknya memberikan uang pembinaan dan piagam penghargaan kepada Teksin. Pihaknya berkomitmen siap memfasilitasi kegiatan olahraga, khususnya di daerahnya agar muncul bakat-bakat atlet yang berprestasi.

"Mohon dukungannya saja dari semua pihak terkait agar Kecamatan Losari harum, karena nama atlet-atletnya yang berprestasi membanggakan," tandasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita