Selasa, 11/05/2021, 04:13:01
Sekda Minta ASN Brebes Beli Beras Hasil Panen Petani Melalui Bulog
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Tandatangani MoU Pemkab Brebes debgan Perum Bulog (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, diminta untuk berkontribusi terhadap sektor pertanian di daeranya. Yani dengan membeli beras hasil panen padi petani Brebes melalui Perum Bulog.

Hal itu disampaikan Sekda Brebes Djoko Gunawan saat menandatangani MoU dengan Bulog Cabang Cimohong, di aula Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Senin 10 Mei 2021.

Untuk itu, Djoko Gunawan berharap 9.000 ASN yang di lingkungan Pemkab Brebes bisa berperan aktif dalam kerja sama ini. Selain itu, dirinya juga meminta Bulog bisa menjamin beras dengan kualitas premium untuk ASN.

"ASN di lingkungan Pemkab Brebes itu ada kurang lebih 9 ribu orang. Kami berharap ASN kita bisa berperan aktif membantu petani kita," pintanya.

Menurutnya, gerakan ASN membeli beras petani merupakan program Pemkab Brebes yang bekerjasama dengan Perum Bulog wilayah eks Karesidenan Pekalongan. Program Serap Gabah Mandiri (Sergab) merupakan kerja sama antara kelompok tani, Bulog, dan Pemkab Brebes.

"Nantinya dalam program ini gabah dari petani akan diserap Bulog. Kemudian, dari Bulog akan dijadikan beras yang kemudian beras itu akan didistribusikan kepada ASN. Ini sebagai salah satu langkah dalam bela beli produk Kabupaten Brebes. Khususnya sektor pertanian dengan komoditas padi," lanjutnya

Dijelaskannya, saat ini produksi padi di Brebes mengalami kenaikan. Karenanya, untuk menstabilkan harga akan dilakukan serapan gabah. Terlebih kondisi ekonomi saat ini yang dihantam pandemi Covid-19, menyerap gabah petani merupakan upaya untuk pemulihan ekonomi.

"Kita harus membeli hasil panen para petani yang sebelumnya serapan gabah dilakukan oleh Bulog. Ini demi petani kita. Kita sudah melaksanakan MoU antara kelompok tani dengan Bulog dan Bulog dengan pemkab Brebes," tandasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita