Rabu, 27/11/2019, 20:26:53
Strategi Inovasi Pendidikan
Oleh: Firda Umamy

Secara sederhana inovasi dimaknai sebagai pembaruan atau perubahan dengan ditandai oleh adanya hal yang baru. Upaya untuk mencari hal yang baru itu, mungkin disebabkan oleh beberapa hal antara lain dalam upaya memecahkan masalah yang dihadapi seseorang atau kelompok.

Dengan demikian, sesuatu ide atau temuan yang baru atau perubahan baru tetapi kurang membawa dampak kepada upaya pemecahan masalah tidak dapat diklarifikasikan sebagai inovasi.inovasi sebagai suatu ide, gagasan, praktik atau obyek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Oleh sebab itu, inovasi pada dasarnya pemikiran cemerlang yang bercirikan hal baru ataupun berupa praktik-praktik tertentu.

Dalam bidang pendidikan misalnya, untuk memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi, telah banyak dilontarkan model-model inovasi dalam berbagai bidang antara lain: usaha pemerataan pendidikan, peningkatan mutu, peningkatan efisisensi dan efektifitas pendidikan, dan relevansi pendidikan. Selain dari pada model-model inovasi pendidikan tentu ada sebuah strategi untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran inovasi pendidikan. Strategi ini merupakan suatu langkah yang sudah disusun rapi agar tercapainya tujuan inovasi pendidikan. Dengan demikian gagasan , ide yang cemerkang mampu dilakukan dengan baik dan benar.

Kesemuanya dimaksudkan agar difusi inovasi yang dilakukan bisa diadopsi dan dimanfaatkan untuk perbaikan dan pemecahan persoalan pendidikan di tanah air. Dalam makalah ini akan membahas terkait strtagei apa saja yang telah diberikan oleh inovasi pendidikan untuk diadopsi. Pendidikan dalam KBBI V adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Menurut UU No. 2 tahun 1989 bahwa pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi perananya dimasa yang akan datang. pendidikan adalah suatu proses pertumbuhan dan perkembangan, sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungan sosial dan fisik, berlangsung sepanjang hayat sejak manusia lahir.

Strategi merupakan pengembangan suatu model pembelajaran agar mencapai tujuan, dalam KBBI V strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Strategi adalah suatu rangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran atau suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tempat. menjelaskan bahwa strategi adalah suatu alat atau tindakan yang digunakan oleh manajemen untuk mencapai kinerja yang konsisten dengan misi dan tujuan organisasi.

Strategi dalam hal ini ialah strategi yang mudah untuk dilakukan oleh para pendidik dalam menghadapi peserta didik. Diantaranya yaitu startegi fasilitas, startegi bujukan, startegi, paksaan. Ketiga strategi tersebut merupakan sebagai jembatan dalam nenghdapai peserta didik yang masih membutuhkan bimbingan, baik secara lahir maupun bathin.

Dunia pendidikan tentu setiap tahapannya memberikan nutrisi kepada pendidik tentang inovasi-inovasi pendidikan yang akan diberikan oleh peserta didik. Sebab tanggung jawab pendidik bukan hanya sebatas mendidik saja, tapi harus membiming, mengarahkan dan memebri contoh yang baik.

(Firda Umamy adalah Mahasiwa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita