Kamis, 17/10/2019, 09:39:30
Dhimas Bawa Lagu-lagu Ngapak ke Televisi Nasional
LAPORAN SL. GAHARU

Dhimas Riyanto

PanturaNews (Tegal) - Lagu lagu Tegalan dan Banyumasan yang lebih dikenal dengan lagu ngapak, bakal sering tayang di layar televisi nasional. Ini adalah karena perjuangan Dhimas Riyanto, seorang pelaku seni musik yang tidak henti-hentinya mencari akses ke media televisi. Bahkan dia sudah memulai melakukan audisi untuk pembawa acara tersebut.

Perjuangan Dhimas Riyanto, pencipta lagu, pengurus DPD PAPPRI Jawa Tengah dan Anggota KCI (Karya Cipta Indonesia) ini tidak bisa dianggap enteng. Dia tidak henti-hentinya mencari akses ke media televise, meski seringkali berbenturan dengan kepentingan yang sama dari pihak wilayah lain.

“Tegal dan Banyumas merupakan satu rumpun bahasa ibu, walaupun ada sedikit perbedaan kata dan dialek. Namun dapat dikatakan dalam rumpun bahasa yang sama termasuk wilayah Brebes, Pemalang, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara. Dalam bahasa lagu, masyarakat harus mampu mengartikan maksud liriknya,” kata Dhimas Riyanto yang tinggal di Jalan Kapuas, Kelurahan Panggung, Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis 17 Oktober 2019.

Menurutnya, lagu-lagu dalam wilayah tersebut, selama ini masih menjadi bagian pilihan hiburan murah, karena dapat didengar baik melalui radio maupun media siar lainnya, serta memutarnya bagi sebagian yang masih menyimpan koleksi lagu-lagunya.

“Saya bersyukur telah mendapatkan akses di salah satu televisi nasional, untuk bekerjasama dalam penayangan lagu-lagu ngapak atau ini. Minimal dalam kontrak pertama selama tiga bulan kedepan,” tutur Dhimas Riyanto.

Karenanya, kata Dhimas Riyanto, ini adalah peluang yang sangat berarti untuk para pembuat lagu, musik, penyanyi dan pegiat dan produsen musik industri di wilayah Tegal-Banyumas.

“Karya-karya lagu Tegalan dan Banyumasan bisa ditayangkan di layar televise nasional,” tandasnya.

Selain itu, Dhimas Riyanto juga diberikan kesempatan untuk mencari calon pembawa acara (host) musik ini yang rencana nama acaranya 'Tembang Ngapak' . Audisi dilaksanakan secepatnya dalam minggu ini.

“Bagi kaum muda putra-putri wilayah Tegal dan Banyumas, silahkan mendaftar pada kesempatan diawal waktu. Siapa tahu terpilih,” harapnya.

Diterangkan, untuk pembawa acara Tembang Ngapak, pihaknya memberi kesempatan pria dan wanita yang berusia dibawah 30 tahun yang tinggal di wilayah Tegal, Brebes, Slawi, Pemalang, Banyumas untuk mengikuti audisi.

Pendaftaran audisi paling lambat 19 Oktober 2019 di PWN Organizer Jalan Kapuas, Kelurahan Panggung, Kota Tegal. Keterangan lebih lanjut bisa melalui WA: 0818 178 628 (Dhimas Riyanto) atau 0823 2359 8618.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita