Kamis, 10/10/2019, 12:54:22
Dinkopumdag Beri Pelatihan Pelaku Usaha Makanan
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Peserta pelatihan pengembangan usaha antusias memperhatikan penjelasan dari pembimbingnya (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kabupaten Brebes Jawa Tengah, mengadakan pembinaan bagi para wirausahawan baru di bidang boga atau makanan olahan, di Kecamatan Bantarkawung, Kamis 10 Oktober 2019. Kegiatan diadakan dalam rangka kegiatan pengembangan dan pemberdayaan usaha mikro.

Perkembangan usaha kuliner begitu pesat sehingga membuat banyak orang mencari peluang usaha di bidang ini. Usaha membuat makanan olahan merupakan profesi yang memiliki lapangan kerja yang cukup bagus.

Kabid Usaha Mikro Dinkopumdag Brebes, Nani Nuryati, MH mengatakan, pelatihan bertujuan untuk memberdayakan pelaku usaha agar lebih berkembang dan maju.

"Pelatihan sebagai upaya untuk mendorong agar pelaku UMKM dapat lebih maju dan berkembang," katanya.

Pelatihan yang digelar di Aula Kecamatan Bantarkawung itu diikuti 30 peserta. Pelatihan mengajarkan pada peserta cara membuat makanan olahan, diantaranya membuat nuget, kue ulang tahun, kue semprong dan lainnya.

"Peserta diajari untuk dapat menjalankan usaha olahan makanan dengan inovasi baru, sesuai kebutuhan masyarakat sekarang," ungkap Nani.

Peserta cukup antusias mengikuti pelatihan yang dibimbing oleh Entin, profesional dari Rahayu Catering. Selain dilatih membuat makanan olahan, peserta juga mendapat bimbingan pemasaran dan didorong untuk dapat memanfaatkan pemasaran secara online.

"Untuk melatih kita datangkan dari profesional, pemasaran juga kita dorong melalui online," tutur Nani.

Melalaui pelatihan diharapkan peserta mampu membuka peluang usaha yang dapat dikembangkan secara rumahan. Peserta juga didorong untuk dapat lebih berinovasi menciptakan dan mengembangkan ilmu di bidang boga.

"Lebih penting lagi peserta juga dapat mengelola usahanya dengan baik, sehingga akan meningkatkan kesejahteraannya," pungkas Nani.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita