Senin, 24/06/2024, 16:09:07
Proses Pantarlih untuk Pemilihan Cagub-Wagub Jateng dan Cabup-Wabup Brebes 2024 Dimulai
5.687 Anggota Pantarlih Dilantik Serentak di Kabupaten Brebes
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) - Sebanyak 5.687 anggota Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang telah diseleksi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap desa di wilayah Kabupaten Brebes resmi dilantik pada Senin 24 Juni 2024.

Pelantikan dilakukan secara serentak oleh PPS di masing-masing desa dan kelurahan.

Para anggota pantarlih ini akan bertugas dalam proses pemutakhiran data pemilih untuk pemilihan calon Gubernur (cagub) -Wakil Gubernur (wagub) Jawa Tengah dan calon Bupati (cabup)-Wakil Bupati (Wabup) Brebes. 

"Tugas utama mereka meliputi pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, yang merupakan langkah penting dalam memastikan akurasi dan validitas daftar pemilih," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Manja Lestari Damanik, usai monitoring pelantikan dan pengambilan sumpah Pantarlih untuk Pemilihan Cagub-Wagub Jateng dan Cabup-Wabup Brebes 2024, di Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes, Senin 24 Juni 2024.

Menurut Manja, setiap anggota pantarlih diseleksi berdasarkan kebutuhan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 2.969 TPS yang ada di 297 desa dan kelurahan di Kabupaten Brebes.

"Untuk TPS dengan jumlah calon pemilih lebih dari 400 orang membutuhkan dua anggota pantarlih. Sementara TPS dengan jumlah calon pemilih kurang dari 400 orang hanya membutuhkan satu anggota pantarlih," terang Manja.

Ia menjelaskan, oroses coklit dimulai pada 24 Juni (hari ini-red) dan berlangsung hingga 25 Juli 2024 mendatang. Anggota pantarlih akan memeriksa data DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) yang berasal dari Kementerian Dalam Negeri melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Dengan dilantiknya para anggota pantarlih, ia berharap proses pemutakhiran data pemilih dapat berjalan lancar dan memastikan bahwa semua warga yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilih mereka pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita