Sabtu, 06/05/2023, 22:25:54
Diduga Belum Ada Izin Tempat, Festival Kuliner di Eks Pasar Kalierang Tetap Berjalan
LAPORAN TIM PANTURANEWS

Kegiatan Kalierang Expo dan Festival Kuliner di bekas lahan Pasar Kalierang Bumiayu (Foto: Tim PanturaNews) 

PanturaNews (Brebes) - Belum mendapatkan izin tempat, kegiatan Kalierang Expo yang Festival Kuliner dan hiburan, di lahan Eks Pasar Kalierang Bumiayu, Kabupaten Brebes, tetap berlangsung. Bahkan ada kesediaan penyelenggara untuk menunda kegiatan dan mengurus perijinan terlebih dahulu. 

Kalierang Expo terpantau mulai beraktifitas pada Sabtu sore 06 Mei 2023. Berbagai jenis kuliner dan hiburan tersedia di acara tersebut. Masyarakat juga nampak ramai mengunjungi kegiatan tersebut. Kondisi itu menyebabkan jalur dalam kota Bumiayu macet. Bahkan, di jalan Ahmad Dahlan yang menjadi akses ke RSUD Bumiayu juga nampak macet.

Sebelumnya sempat menjadi sorotan saat proses persiapan kegiatan, Pemkab Brebes juga sempat meminta aktivitas alat berat untuk perataan lahan diminta berhenti karena tidak ada izin. 

Pada Jumat 05 Mei 2023 dilakukan pertemuan antara panitia kegiatan dengan Camat Bumiayu. Pada pertemuan tersebut disepakati yang tertuang dalam berita acara yang ditandatangani antara Camat Bumiayu, Danramil Bumiayu, Kapolsek Bumiayu dan Panitia Pelaksana.  

Pemkab Brebes melalui Kepala DPKAD Kabupaten Brebes Edi Kusmartono saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan Whatsapp (WA), Sabtu malam 06 Mei 2023 juga menyebut belum memberikan izin tempat. “Kan nggak ada ijinnya,” katanya. 

Diungkapkan, sebelumnya Pemkab Brebes telah menghentian aktivitas alat berat yang melakukan kegiatan perataan tanah lahan bekas Pasar Kalierang Kecamatan Bumiayu. Sebab pihaknya tidak pernah memberikan izin pada pihak manapun untuk melakukan perataan lahan. Di lokasi tersebut, sebelumnya juga telah dipasang garis (pita) kuning dan banner peringatan larangan melakukan aktifitas tanpa izin. 

“Kita minta agar aktifitas alat berat itu dihentikan. Tidak ada izinnya,” katanya. 

Lahan bekas Pasar Kalierang merupakan lahan milik Pemprov Jawa Tengah yang semula dipinjam Pemkab Brebes untuk Pasar Kalierang. Pada akhir tahun 2022 Pasar Kalierang telah pindah ke lokasi baru di dekat Terminal Bus Bumiayu yang dinamai dengan Pasar Seng. 

"Lahan bekas Pasar Kalierang rencananya dan sudah dicanangkan untuk dijadikan taman kota atau ruang terbuka hijau," tandasnya. 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita