Minggu, 22/01/2023, 07:23:04
Perkembangan Teknologi Dalam Modernisasi Dunia Perdagangan
Oleh: Dewi Sandri

SEPERTI yang kita tahu bahwa zaman telah berubah. Dimana banyak sekali perkembangan-perkembangan yang tidak dapat terhitung,salah satunya dari segi teknologi. Hampir disetiap negara pasti ada perkembangan teknologi. Dan setiap teknologi terbaru tentu akan ada manfaat bagi banyak orang.

Jika dahulu ada teknologi sebuah website yang dapat diakses lewat internet. Sekarang sudah ada website toko online. Tentu ini yang disebut perkembangan teknologi yang tiada habis dan hentinya

Perkembangan teknologi membuat dunia saling terhubung. Membuat budaya suatu negara lebih mudah dikenal oleh negara lain. Bahkan dapat membuat produk suatu perusahaan di suatu negara, bisa dikenal hingga ke berbagai negara di dunia. Sebut saja demam Korean wave yang telah melanda hampir di seluruh penjuru dunia.

Teknologi tidak bisa di pisahkan oleh manusia, apalagi didalam bidang usaha perniagaan atau perdagangan. Dalam dunia perdagangan kita biasanya mendengar istilah electronic comerse (e-commers) atau perdagangan secara elektronik. Electronic comers adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet,

Jika kita melihat sudah banyak sekali toko online yang ada didunia ini. Khususnya dinegara Indonesia. Toko online yang ada sangat beragam mulai dari toko online yang khusus menjual barang fashion ada toko online yang menjual jam tangan, dan tentu ada juga toko online universal yang menjual semua jenis barang. Di zaman sekarang untuk menjual suatu barang sangat mudah sekali kita bias memanfaatkan sosial media untuk promosi barang yang kita jual, bergabung bersama marketplace yang intinya kita berdagang secara online.

Contoh Modernisasi di Bidang Perdagangan: Adanya modernisasi di bidang ini membuat perdagangan jadi lebih mudah, dan menguntungkan bagi para pelaku perdagangan itu sendiri:

-1. Banyaknya supermarket. -2. Adanya jual beli online. -3. Adanya ekspor dan impor. -4. Terbukanya pasar bursa internasional. -5. Masuknya produk luar negeri dengan mudah.

Manfaat Teknologi Informasi dalam Bidang Perdagangan:

-1. Kita dapat mempermudah diri sendiri dan orang lain dalam  transaksi jual dan beli. -2. Hemat  modal (biaya) karena tidak perlu lagi mendirikan sebuah bangunan untuk dijadikan toko.

-3. Dalam mempromosikan, dibagian perdagangan menjadi sangat tepat/efektif. -4. Pendataan dalam berdagang dapat menjadi lebih mudah. -5. Transaksi pembayaran yang mempermudah pembeli. -6. Target pemasaran dalam perdagangan yang sangat luas. -7. Mempermudah dalam penyimpanan data-data penjualan dan pembelian

Kesimpulanya: Perkembangan teknologi dan internet membawa dampak besar bagi kehidupan manusia. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan atas tercapainya dunia yang terglobalisasi Akses informasi tentang dunia melalui berbagai media tersalurkan dengan cepat.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita