Sabtu, 11/06/2022, 12:50:34
Persab Brebes Akan Membuka Penjaringan Ketua Umum Baru. Ini Syaratnya..
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Jajaran pengurus Persab Brebes silaturahmi bersama suporter Persab Brebes terkait persiapan penjaringan bakal calon Ketua Umum Persab Brebes yang baru. (Foto : Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Persab Brebes, Jawa Tengah, dalam waktu dekat akan membuka penjaringan bakal calon untuk menduduki jabatan sebagai Ketua Umum yang baru periode lima tahun kedepan, yaitu 2022-2027.

Hal itu berdasarkan keputusan rapat Exco Persab Brebes yang telah ditetapkan. Di mana, akan berakhirnya kepengurusan Persab Brebes periode 2017-2022, yang dipimpin oleh Heri Fitriansyah.

Dengan demikian, Heri Fitriansyah yang telah diberi mandat menjabat sebagai Ketua Umum Persab Brebes selama dua periode sejak tahun 2012 ini, akan digantikan oleh Ketua Umum yang baru melalui Kongres Persab Brebes nantinya.

Terkait dengan rencana adanya pergantian kepengurusan klub berjuluk Laskar Jaka Poleng yang baru ini, jajaran pengurus Persab Brebes juga telah mengadakan acara silarurahmi bersama perwakilan suporter. Di antaranya seperti Ketua Sabermania, Bima Aria PLK, dan Sanita yang merupakan pendukung Persab.

Dalam acara silaturahmi itu, Ketua Umum Persab Brebes Heri Fitriansyah, menyambut baik sekaligus mengucapkan terimakasih kepada para suporter, seperti Sabermania dan Sanita yang selama ini telah memberikan dukungan penuh kepada klub kebangaannya ini.

Heri juga mengucapkan terimakasih atas kritik dan saran yang selalu diberikan, baik kepada managemen maupun jajaran pengurus Persab Brebes. Di mana, tujuannya tidak lain adalah hanya satu, yakni agar sepakbola kebanggaan masyarakat telur asin dan bawang merah ini bisa bermain di liga profesional.

Menyikapi rencana akan dilaksanakan penjaringan bakal calon Ketua Umum Persab Brebes yang baru, pihaknya berharap panitia Kongres Persab yang telah terbentuk bisa bekerja dengan baik dan maksimal agar nantinya dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan apapun.

"Dan saya secara pribadi legowo dengan adanya pergantian Ketua Umum Persab Brebes yang baru nantinya. Yang jelas pergantian Ketua Umum Persab Brebes adalah bentuk penyegaran dan regenerasi yang harus dilakukan agar semangat untuk menuju Liga 2 semakin tinggi," ujar Heri, Sabtu 11 Juni 2022.

Menurut Heri, yang juga politisi muda dari Partai Demokrat ini, terdapat beberapa persyaratan atau kriteria khusus bagi siapapun bakal calonnya yang akan maju atau ikut dalam proses penjaringan bakal calon Ketua Umum Persab Brebes periode lima tahun kedepan ini.

"Salah satunya adalah bakal calon harus atau pernah masuk dalam kepengurusan atau managemen di salah satu klub sepakbola Liga Brebes Super, seperti Persatuan Sepakbola/SSB yang telah terdaftar resmi di Askab PSSI Brebes," terang Heri.

Untuk klub sepakbola Liga Brebes Super sendiri, lanjut Heri, berjumlah 24 tim atau peserta. Mereka adalah yang akan memilih atau menentukan kandidat Ketua Umum Persab Baru melalui kongres Persab Brebes.

"Diluar dari 24 tim dari Liga Brebes Super yang merupakan kompetisi sepakbola kasta tertinggi di Kabupaten Brebes ini, maka tidak bisa mengikuti proses penjarigan bakal calon Ketua Umum Persab Brebes," jelas Heri.

Meski demikian, pihaknya tidak akan menghalang-halangi atau bahkan berupaya menjegal bagi siapapun bakal calonnya yang akan mengikuti proses penjaringan yang direncanakan akan dimulai pada awal Juli 2022 mendatang ini.

"Kami termasuk panitia kongres Persab Brebes yang telah terbentuk ini akan membuka dan mengumumkannya secara transparan. Ini demi kemajuan Persab Brebes yang tentunya bisa lebih baik lagi dalam meraih prestasi ajang kompetisi resmi sepakbola," tegas Heri.

Heri berharap siapapun kandidatnya nanti adalah yang gila atau minimal menyukai sepakbola. Mengingat, sepakbola bukan hanya berbicara mengurusi sebuah organisasi saja. Melainkan adalah harus memiliki kemampuan managemen yang bagus, sehingga mampu mencari sumber dana, baik secara komersil, donatur ataupun sponsorship.

"Saat ini memang Persab Brebes, karena masih klub amatir masih bisa diberi bantuan lewat APBD Kabupaten Brebes. Akan tetapi, jika finasialnya hanya mengandalkan dari APBD saja, apalagi nominalnya tidak sesuai dengan harapan, maka dipastikan akan membuat hambatan nantinya.

Untuk itu, jangan sampai nantinya kandidat yang siap maju dan dipilih ternyata hanya untuk kepentingan sesaat lalu ditinggalkan begitu saja. Kami ingin Persab Brebes ini kedepannya harus bisa lebih baik dari kepengurusan sebelumnya, bukan sebaliknya malah semakin buruk," pinta Heri.

Pada kesempatan silaturahmi yang digelar secara sederhana yang dibarengi dengan tanya jawab atau dialog terkait hal itu, Heri juga mempersilahkan, bahkan membuka pintu lebar-lebar kepada Sabermania maupun Sanita atau suporter Persab Brebes.

Yakni jika memiliki kandidat yang memang dianggap mampu dan bisa memenuhi persyaratan atau kriteria yang sudah disampaikannya itu untuk maju dalam penjaringan Ketua Umum Persab Brebes yang baru nantinya.

"Apalagi di tahun 2022 ini, akan ada kompetisi resmi yang rutin digelar setiap tahun sekali, yakni Liga 3 Indonesia Jawa Tengah dan Piala Soeratin. Maka dari itu, kami termasuk para suporter Persab, seperti Sabermania dan Sanita sangat ingin berharap sekali bagi siapapun kandidatnya yang akan menjadi Ketua Umum Persab Brebes baru nanti harus bisa lebih baik dari saat ini atau sebelumnya," pungkas Heri.

Berikut adalah prestasi Persab Brebes selama kepengurusan yang dijabat oleh Ketua Umum Persab Brebes, Heri Fitriansyah, selama dua periode :
* Promosi Divisi II Nasional 2013
* Rekor musim ke musim
* Piala Soeratin U-17
- 2016 Juara Piala Soeratin tingkat nasional
* Liga 3
- 2017 : Liga 3 Peringkat 4 Grup A (Regional Jateng)
- 2018 : Liga 3 Terhenti dibabak semifinal (Regional Jateng)
- 2018 : Liga 3 Terhenti dibabak regional jawa
- 2019 : Liga 3 Terhenti di babak 8 besar (Regional Jateng)
- 2019 : Liga 3 Terhenti dibabak regional jawa
- 2021 : Liga 3 Peringkat 3 grup B (Regional Jateng)
* Piala Indonesia
- 2018 - 2019 Piala Indonesia Terhenti dibabak 128 besar zona 7


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita