Selasa, 18/01/2022, 21:16:32
Dampak Cyberbullying yang Tidak Bisa Dianggap Sepele
Oleh: Ridho Pribadi

KITA udah pasti ga asing lagi dengar istilah cyberbullying kan! Istilah cyberbullying sendiri merupakan istilah terapan dari kata cyber dan bullying, kata cyber sendiri dapat diartikan sebagai dunia maya atau dunia buatan dalam teknologi.

Sedangkan bullying sendiri merupakan sebuah tindakan atau segala bentuk kegiatan yang mengganggu seperti halnya intimidasi, penindasan, kekerasan atau perisakan yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang atau kelompok yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan biasanya dilakukan secara terus menerus.

Jadi, dapat diartikan bahwa cyberbulliying merupakan suatu tindakan bulliying atau perundungan dengan menggunakan teknologi digital. Contoh dari cyberbulliying ini seperti menyebarkan kebohongan tentang seseorang dengan menyebarkan foto korban di media sosial, mengirim pesan yang mengancam  si korban lewat aplikasi chatting dan mengomentari sosial media dengan sesuatu yang menyakitkan dan memalukan, mengirim pesan jahat kepada seseorang atas nama korban, dan membuat situs atau room chat dengan tujuan menghasut orang lain untuk membenci dan mempermalukan korban.

Walaupun sedikit berbeda dengan perbuatan bulliying pada biasanya yang menyerang secara langsung pada fisik, hal-hal yang sudah disebutkan di atas sudah pasti akan mempengaruhi mental korban. Perbuatan cyberbulliying tak bisa kita benarkan apalagi diamkan, akibatnya pun tidak bisa disepelekan sama seperti halnya bulliying biasanya yang menyerang fisik korbannya.

Dampak cyberbulliying paling utama adalah menyerang mental korban, dimana korban bisa merasa kesal, bodoh bahkan marah pada orang lain dan dirinya sendiri. Dampak lainnya seperti merasa malu dan kehilangan minat pada banyak hal karena terus menerus diolok-olok dan membuat korban kehilangan rasa kepercayaan dirinya.

Walaupun cyberbullying dilakukan secara tidak langsung atau menyerang fisik, namun tidak pada dampaknya loh, korban bisa saja kelelahan secara fisik akibat teror yang terus menerus dialaminya, seperti kurang tidur, sakit perut akibat cemas hingga sakit kepala.

Perbuatan cyberbulliying akan terus menghantui korbannya, dimana saat dia ditertawakan, dan dilecehkan akan terus menerus membuatnya merasa cemas, dan dalam kasus cyberbulliying yang ekstrim, hal ini dapat membuat korbannya memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Serem kan yah!

Jadi mulai sekarang kita harus mulai lebih pintar dan bijak dalam menggunakan internet terlebih sosial media yah kawan.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita