Minggu, 24/04/2016, 07:26:10
Bupati: Linmas Punya Andil Terhadap Pembangunan
Laporan Zaenal Muttaqin

Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE secara simbolis menyerahkan bahan untuk seragam Linmas (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Bupati Brebes, Jawa Tengah, Hj Idza Priyanti SE menegaskan, keberadaan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di setiap desa sangat penting untuk mendukung terlaksananya pembangunan, karena Linmas berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Terwujudnya Kamtibmas akan menjadikan pembangunan dapat berjalan dengan baik, dan Kamtibmas terwujud diantaranya berkat peran dari Linmas," ujarnya saat memberikan pengarahan dalam kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan SDM Komdandan/Pembina Linmas Desa/Kelurahan Kabupaten Brebes, Sabtu 23 April 2016 malam.

Selain berperan dalam menjaga Kamtibmas, Linmas selama ini juga banyak memberikan kontribusi yang besar dalam menjaga dan mengamankan jalannya pesta demokrasi mulai dari pemilihan kepala desa, bupati, gubernur hingga pemilihan presiden.

"Kontribusi Linmas dalam menciptakan Kamtibmas, termasuk yang baru-baru ini yaitu dalam mengamankan jalannya pemilihan kepala desa serentak tahap tiga," ujar Idza.

Para Kepala Desa (Kades) yang merupakan komandan dan pembina Linmas agar memberikan perhatian yang besar kepada Linmas. Linmas agar dilengkapi dan dibentuk regu-regunya sebagai petunjuk yang sudah ada.

"Kades segera melakukan pembentukan Linmas dan melengkapinya," kata Idza.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Brebes, Budi Darmawan selaku penyelenggara mengatakan, Kades adalah Komandan dan Pembina Linmas di desanya, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) tahun 2010, karenanya keberadaan Linmas agar difungsikan sebagaimana mestinya.

"Kades agar segera membentuk regu-regu linmas dan kordinatornya, setiap desa harus ada lima regu linmas," katanya.

Perhatian terhadap Linmas juga lebih ditingkatkan, utamanya dengan memberikan tunjangan yang dapat dianggarkan dari anggaran desa. Adanya perhatian maslah kesejahteraan ini diharapkan akan meningkatkan kinerja dan peran Linmas.

"Selama ini perhatina terhadap Linmas masih rendah sehingga kurang diminati dan perannya juga tidak maksimal padahal Linmas sangat dibutuhkan," terang Darmawan.

Pada acara yang digelar di sebuah Rumah Makan yang ada di kawasan jalan lingkar Kecamatan Bumiayu itu para peserta yang terdiri dari para Kades dan anggota Satpol PP Kantor Kecamatan se wilayah Brebes Bagian selatan itu, mendapat pembinaan tentang wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Danramil Bumiayu, Kapten Inf Suwardi.

Masalah Kamtibmas juga diberikan pembekalan yang disampaikan oleh Kapolsek Bumiayu, AKP Djoko Witanto SH.

Pada akhir kegiatan secara simbolis Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti menyerahkan bantuan pahan untuk seragam Linmas di masing-masing kecamatan, yakni Kecamatan Bumiayu, Kecamatan Sirampog, Kecamatan Tonjong, Kecamatan Paguyangan, Kecamatan Bantarkawung dan Kecamatan Salem.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita