Rabu, 30/09/2020, 15:51:29
Sehari Dua Jenazah Dimakamkan dengan Prosedur Covid
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Sebuah mobil ambulan dan petugas berpakaian APD membawa jenazah yang akan dimakamkan dengan prosedur Covid -19 (Foto: Dok. Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Dalam sehari dua jenazah dimakamkan dengan prosedur standar pemakaman jenazah Covid-19, terjadi di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu 30 September 2020.

Satu warga berjenis kelamin perempuan dari Desa Bumiayu dengan inisial SM (58) meninggal di RS Margono Purwokerto. MF ini sebelumnya sudah terkonfirmasi positif terpapar Covid-19. Kemudian dinyatakan negatif atau berdasarkan hasil uji Swab.

Sebelumnya MF ini berwasiat jika meninggal agar dimakamkan di desa kelahirannya di Desa Laren. Sehingga beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama dan Pemerintah Desa Laren sempat melakukan rapat untuk pemakaman jenazah yang merupakan warga Desa Bumiayu. Jenazah akhirnya dimakamkan sekira pukul 10.00 WIB dengan prosedur pemakaman standar Covid-19.

Selanjutnya, satu lagi warga Desa Jatisawit meninggal dunia di salah satu RS swasta di Bumiayu. Warga berjenis kelamin laki-laki dan berinisial BDM (68) ini memiliki catatan gejala yang mengarah ke Covid-19, sementara hasil pemeriksaan uji Swab belum keluar.

Jenazah ini dimakamkan dengan standar jenazah Covid-19 di pemakaman desa setempat sekira pukul 13.00 WIB.

Camat Bumiayu, Eko Purwanto SP MSi membenarkan adanya pemakaman dua jenazah dengan prosedur Covid-19 tersebut. Menurutnya satu warga sebelumnya sudah dinyatakan sembuh.

"Sebelumnya sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 tetapi karena meninggal tetap diterapkan protokol standar jenazah Covid-19," terang Eko yang juga ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Bumiayu ini.

Menurutnya, BDM sempat dirapid test dan hasilnya non reaktif, namun hasil pemeriksaan medis mengarah ke Covid-19 sehingga tetap dilakukan pengambilan sampel Swab, dan belum keluar hasilnya.

"Pemakaman dengan prosedur Covid-19 dilakukan sebagai langkah antisipasi, atau ubtuk berjaga-jaga," kata Eko.

Diungkapkan, kasus Covid-19 di Bumiayu terus bertambah, bahkan per Rabu 30 September 2020 ini bertambah lagi tiga kasus, sehingga totalnya menjadi 61 kasus.

"Hari ini ada penambahan kasus lagi tiga orang positif," ungkap Eko.

Kepala BLUD UPT Puskesmas Bumiayu, dr Ali Budiarto mengatakan, pemakaman dua jenazah dengan prosedur Covid-19 dilakukan oleh petugas yang telah disiapkan dan bersama tim Gugus Tugas serta dikawal oleh Binmas Polsek Bumiayu.

"Ya pemakaman dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Bumiayu," katanya.

Dikatakan, terus bertambahnya kasus Covid-19 di Bumiayu, diharapkan dapat menjadi pengingat bagi semua warga untuk lebih waspada dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Tidak bisa tidak untuk mencegah penularan Covid-19 harus dengan selalu pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak," pungkas Ali.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita