Rabu, 23/09/2020, 14:36:35
Puluhan Ibu Hamil Jalani Pengambilan Spesimen Swab
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Petugas dari Puskesmas sedang melakukan pengambilan sampel dahak untuk dilakukan uji Swab (Foto: Dik. Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Sejumlah ibu hamil di wilayah kerja BLUD Puskesmas Bumiayu, Kabupaten Brebes Jawa Tengah menjalani pengambilan sampel dahak untuk uji Swab, Rabu 23 September 2020. Pengambilan sampel spesimenuntuk uji Swab dilakukan secara serentak di beberapa Puskesmas yang ada di bawah naungan BLUD tersebut.

Kepala BLUD UPT Puskesmas Bumiayu, dr Ali Budiarto mengatakan, kegiatan pengambilan sampel spesimen Swab serentak terhadap ibu hamil dilakukan untuk Hamil mengetahui terpapar tidaknya oleh virus Corona atau Covid- 19. Pasalnya, ibu hamil juga masuk dalam kategori orang dengan resiko (ODR).

"Pengambilan Swab ini tindak lanjut dari perintah Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk melakukan Swab pada ibu hamil yang juga termasuk ODR," katanya.

Menurutnya, pengambilan spasimen Swab dilakukan oleh tim dari Puskesmas pada ibu hamil yang masuki trimester ketiga usia kehamilan. Sampel spesimem Swab yang diambil langsung dikirim ke Dinkes Kabupaten Brebes melalui kabid P2M.

"Sampel Swab langsung dibawa Dinkes untuk diuji di laboratorium," ujar Ali.

Dikatakan, hasil Swab yang akan di uji dengan metode PCR itu diharapkan segera diketahui dan keluar sepekan yang akan datang. Hasil Swab yang keluar akan menjadi acuan untuk penanganan selanjutnya terhadap ibu hamil.

"Setelah hasil Swab keluar dan diketahui hasilnya baru dilakukan langkah penanganan terhadap ibu hamil," ucap Ali.

Ditambahkan, para ibu hamil yang telah diambil Swab disarankan untuk melakukan isolasi mandiri sampai melahirkan. Selanjutnya jika nanti hasil Swab menunjuk positif akan dilakukan tracing ter keluarganya yang kontak erat.

"Setelah ini ibu hamil disarankan isolasi mandiri, dan hasilnya positif baru dilakukan tracing terhadap yang kontak erat," pungkas Ali.

Sementara data yang diperoleh pengambilan sampel Swab di BLUD UPT Puskesmas Bumiayu masing-masing, Puskesmas Bumiayu 18 sampel, Puksesmas Kaliwadas 8 sampel, Puskesmas Buaran, 12 sampel, Puskesmas Bantarkawung 9 sampel, Puskesmas Salem 12 Sampel dan Puksemas Bentar 9 sampel.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita