Berlatih Jurnalistik, Guru MI Didorong Informasikan Kemajuan Pendidikan
-LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN
Senin, 18/09/2023, 14:31:39 WIB

Guru-guru MI di Bantarkawung mengikuti pelatihan jurnalistik di MI Al-Ikhsaniyah (Foto: Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Guru-guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari berbagai sekolah di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengikuti pelatihan jurnalistik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis, Senin 18 September 2023.

Pelatihan yang digelar di MI Al-Ikhsaniyah Cilinduk Jipang tersebut diikuti 30 peserta, dan hadir pula pengawas Madrasah Kecamatan Bantarkawung Hj Amanah MSI. Pelatihan menghadirkan redaktur Media Online Pantura News, Zaenal Muttaqin sebagai nara sumber. 

Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Madrasah Bantarkawung, Nailul Azmi SPd mengatakan, pelatihan digelar sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para guru madrasah dalam membuat karya jurnalistik yang berkualitas

"Dengan demikian, mereka diharapkan mampu mempublikasikan kegiatan madrasah dan prestasi siswa secara lebih efektif," katanya. 

Acara pelatihan yang berlangsung selama sehari ini menghadirkan redaktur Media Online Pantura News, Zaenal Muttaqin yang cukup berpengalaman dalam bidang jurnalistik.

Pada kegiatan pelatihan itu para peserta diajarkan tentang teknik penulisan yang benar, pengetahuan dasar tentang jurnalisme, serta etika jurnalistik yang harus dijunjung tinggi.

Masih menurut Azmi, kegiatan pelatihan jurnalistik dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan mutu pendidikan di Kecamatan Bantarkawung. Para guru madrasah yang telah mengikuti pelatihan dapat menjadi duta yang mampu menyampaikan informasi pendidikan secara jelas dan profesional kepada masyarakat.

"Dengan semangat belajar yang tinggi, para peserta pelatihan jurnalistik ini siap untuk mengaplikasikan pengetahuan baru mereka dalam menulis dan mempublikasikan berita-berita positif tentang madrasah dan prestasi siswa di Bantarkawung," terang Azmi. 

Pelatihan ini menjadi tonggak awal bagi mereka untuk menjadi jurnalis pendidikan yang handal dan berkomitmen dalam menginspirasi generasi muda.

Salah satu peserta, Intan mengungkapkan, setelah mengikuti pelatihan menjadi lebih faham tentang bagaimana membuat karya tulis yang baik sesuai aturan jurnalistik. 

"Kami sangat berterima kasih atas kesempatan ini. Dengan pengetahuan yang kami peroleh dari pelatihan ini, kami berharap dapat lebih efektif dalam menyampaikan informasi dan prestasi yang ada di madrasah kami kepada masyarakat," katanya.