Erni Ratnani: Srikandi PKS Ini Ingin Perjuangkan Hak-hak Perempuan Melalui Regulasi
PKS-LAPORAN SL. GAHARU & ALI IRFAN
Senin, 11/09/2023, 23:12:20 WIB

Calon Anggota Legislatif (Caleg) perempuan dari PKS Kota Tegal Dapil Tegal Barat, Erni Ratnani, SE, MM. (Foto: Dok/Pribadi)

Erni adalah istri mendiang Rachmat Rahardjo, Anggota DPRD Kota Tegal tiga periode…

PanturaNews (Tegal) - Nama Erni Ratnani, SE, MM, muncul dalam daftar Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) perempuan dari PKS Kota Tegal Dapil Tegal Barat. Interaksi Erni Ratnani di bidang legislatif, sebenarnya bukan hal baru.

Pasalnya kurang lebih 3 periode, Bu Erni tergabung dalam Ikatan Istri (Ikatri) Anggota DPRD Kota Tegal. Itu karena ia adalah istri mendiang Rachmat Rahardjo, Anggota DPRD Kota Tegal tiga periode.

“Konstituen Pak Rachmat menghendaki saya kembali maju untuk melanjutkan kiprahnya. Sebenarnya saya merasa belum pantas, tapi karena ini tuntutan dakwah, saya meluruskan niat dan berikhtiar memantaskan diri,” ujarnya.

Kiprah Bu Erni sendiri saat ini aktif di bidang pemberdayaan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Tegal di bidang ekonomi.

Di PKS, ia mendapatkan amanah sebagai pengurus BPJE DPP PKS Bidang Investasi dan Permodalan, Pengurus BPKK PKS DPW Jawa Tengah, juga Pengurus Bidang Kaderisasi DPD PKS Kota Tegal.

Bu Erni juga aktif di dunia perkoperasian. Bahkan ia tercatat sebagai Ketua Insan Koperasi Syariah Indonesia (Ikosindo), di Kota Tegal nama Erni Ratnani cukup dikenal, sebab ia adalah pengurus Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kota Tegal.

Melalui kiprahnya di bidang ekonomi, Erni berharap agar masyarakat bisa memilki kemandirian di bidang ekonomi sehingga menjadi lebih berdaya. Salah satu bentuk keseriusannya di bidang ekonomi syariah.

Pada tahun 2005, ia turut membenahi KSPPA BMT BUM, mulai dari asset Rp 300 juta hingga saat ini sudah hamper Rp 100 milyar. Kini ia dipercaya menjadi Direktur di lembaga keuangan syariah tersebut.

“Saya memiliki harapan besar, dari PKS akan lahir representasi perempuan,” tuturnya.

Menurut Bu Erni, kesempatan dan peluang itu ada di tahun 2024. Apalagi para caleg perempuan PKS disupport oleh Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Kota Tegal, melalui program Sekolah Politik Perempuan sebagai bentuk pendampingan kepada caleg perempuan dari PKS.

Jika target PKS adalah delapan kursi, Bu Erni berharap separuh target itu harapannya adalah diisi caleg perempuan yang jadi anggota DPRD.

“Kita ingin mengembalikan peran dan fungsi perempuan, memberikan pencerahan melalui regulasi. Ada banyak yang harus diperbaiki. Misalnya saat ini pabrik-pabrik banyak diisi oleh pekerja perempuan, banyak diantara mereka yang harus menjadi tulang punggung keluarga, sementara tugas dan peran utama dalam mendidik dan menumbuhkan anak jadi tidak optimal,” ungkapnya.

Ditegaskan, hanya regulasi yang bisa menyelesaikan ini, dengan menguatkan kembali peran perempuan di rumah. Ia mencontohkan di KJKS BMT BUM yang ia pimpin, karyawan didominasi oleh laki-laki, ini semata untuk mengembalikan peran perempuan di rumah dan keluarga.