Mengukur Kemampuan Penalaran Siswa Melalui Aplikasi Quiziz, Emang Bisa?
Selasa, 24/01/2023, 19:05:10 WIB

UDAH tau belum nih apa itu kemampuan penalaran? Jadi Kemampuan penalaran ialah kemampuan yang harus dipunyai peserta didik yang bisa ditumbuh kembangkan dalam proses belajar mengajar matematika.

Pembelajaran matematika ini memiliki tujuan penting dan harus diterapkan yakni memberi pembelajaran ke peserta didik terkait suatu penalaran, maka peserta didik harus memiliki kemampuan dalam bernalar.

Menurut Eliza et al., 2018 Penalaran adalah kegiatan berfikir menggunakan cara pengamatan lalu melakukan analisis permasalahan tiap informasi yang diperoleh maka bisa menciptakan kebenaran dari masalah yang belum diketahui serta menciptakan suatu bentuk yang masuk akal.

Sejalan dengan itu, kompetensi penalaran ialah kemampuan untuk penarikan simpulan menurut pada beberapa pernyataan yang sudah dibuktikan kebenarannya serta menurut sumber yang relevan. 

Menurut Khoerunnisa et al., 2020 penalaran menunjang manusia untuk bergerak lebih maju dan mempertahankan hidup dengan kompetensinya dalam menetapkan keputusan, kesimpulan, tindakan, atau alasan secara tepat . Bisa disimpulkan bahwa kemampuan penalaran ialah kemampuan yang harus dipunyai peserta didik yang bisa ditumbuh kembangkan dalam proses belajar mengajar apalagi untuk pembelajaran matematika.

Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Fadillah, 2019 ; Ellu et al., 2022 menyelesaikan soal matematika perlu adanya kompetensi penalaran. Melalui penalaran, peserta didik bisa mengetahui bahwa matematika adalah pengkajian yang masuk secara logis dan akal.

Susanti dalam (Wijaya et al., 2019) mengutarakan bahwa penalaran merupakan pondasi matematika yang diperlukan adanya peningkatan dikarenakan apabila kemampuan penalaran tidak ditumbuh kembangkan kepada peserta didik, sehingga matematika hanya dijadikan permasalahan untuk peserta didik ketika mengikuti seperangkat prosedur dan melakukan peniruan contoh tanpa memikirkan bahwa matematika itu masuk akal.

Maka apabila peserta didik memiliki rendah kemampuan penalaran matematika sehingga akan sulit untuk peserta didik dalam memecahkan masalah secara lebih kompleks, misal soal analisis serta soal pemecahan masalah.

Terdapat empat indikator untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa yaitu:

-1. Membuat kesimpulan logis. -2. Memberi penjelasan tentang model, fakta, argumen, hubungan atau pola yang ada. -3. Membuat dugaan dan bukti. -4. Penggunaan pola hubungan untuk menganalisis situasi, membuat analogi atau menggenaralisasikan.

Kita bahas dulu nih apa itu aplikasi Quiziz! Direa pandemi seperti kemarin yang mengharuskan siswa untuk melakukan pembelajaran dirumah akhirnya pengembangan teknologi menjadi pesat apalagi untuk pembelajaran agar siswa menjadi menyenangkan dalam mengikuti pembelajaran.

Pengembangan digital berbasis mathematics teknologi learning dengan menggunakan Quiziz. Quiziz merupakan aplikasi permainan pendidikan yang sifatnya naratif dan fleksibel yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana menyampaikan materi maupun sebagai media evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Quiziz juga dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik karena merupakan salah satu media pembelajaran online yang berisikan game (kuis interaktif), serta Quizizz juga dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar seperti mengadakan pre-test, post-test, latihan soal, penguatan materi, remedial, pengayaan dan sebagainya.

Terus apa dong hubungannya penalaran dengan aplikasi Quiziz? Jadi kemampuan bernalar peserta didik SMP yang rendah yaitu ketidakmampuan merumuskan argumen secara valid serta ketidakmampuan dalam penarikan simpulan yang logis. Dari fakta menandakan bahwa penguasaan kemampuan penalaran peserta didik SMP di Indonesia masih rendah.

Guru matematika SMP harus lebih memprioritaskan peserta didik dalam hal penguasaan konsep dasar dan banyak menerapkan soal-soal penalaran secara lebih konkret, supaya peserta didik lebih sanggup mengaitkan pengetahuan yang dipunyai untuk mengerjakan masalahmasalah dalam soal menggunakan kemampuan bernalar.Salah satu bentuk yang bisa tersajikan oleh pendidik lewat media online yaitu melalui aplikasi online Quiziz.

Aplikasi Quizizz tidak hanya untuk media pembelajaran namun juga dapat dijadikan sebagai alat untuk asesmen pembelajaran matematika. Quizizz adalah platform e-learning yang terkenal menawarkan banyak kuis yang dapat digunakan guru dan siswa dalam pelajaran sehari-hari mereka. Aplikasi Quizizz bisa memperlihatkan soal berbentuk suara dan gambar, maka keperluan guru untuk menggunakan aplikasi ini bisa dibantu secara baik.

Quizizz ini dimungkinkan peserta didik untuk memberi motivasi mereka belajar dan untuk saling bersaing antar lainnya maka hasil belajar dapat mengalami peningkatan. Quizizz bisa menjadikan siswa menjadi tertantang dan aktif untuk memberi jawaban pertanyaan, maka guru akan lebih gampang menilai proses belajar mengajar yang dilaksanakan.

Kemampuan penalaran siswa sangat diperlukan guna mencapai hasil belajar dalam pembelajaran matematika dengan baik. Oleh karena itu, Quizizz dapat menjadi media untuk mengukur kemampuan penalaran siswa.