Diutus Megawati, Djarot Resmikan RSUD Ir. Soekarno Ketanggungan. Ini Penjelasan Bupati Brebes
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Kamis, 24/11/2022, 20:02:23 WIB

RSUD Ir. Soekarno Ketanggungan diresmikan oleh Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat. (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat, meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah Ir. Soekarno Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis 24 November 2022. Peresmian rumah sakit tipe D itu, menjadi simbolis dibukanya pelayanan kesehatan bagi semua masyarakat.

Peresmian ditandai dengan dengan pembukaan batu prasasti penamaan RSUD Ir Soekarno. Kemudian, dilanjutkan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Djarot bersama Bupati Brebes, Idza Priyanti serta Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes Indra Kusuma.

Mantan Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibu kota Jakarta itu, meresmikan rumah sakit tipe D milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, atas utusan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang ditujukan ke DPP PDI Perjuangan.

PDI Perjuangan kemudian menugaskan Djarot lewat surat bernomor 1081/ST/DPP/XI/2022 tertanggal 21 November 2022 yang ditandatangani oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Selanjutnya, Djarot bersama bupati didampingi Direktur RSUD Ir. Soekarno Ketanggungan Dokter Ali Budiarto beserta rombongan meninjau sejumlah fasilita rumah sakit. Diantaranya, Ruang utama pelayanan, Instalasi Gawat Darurat hingga sejumlah fasilitas dan sarpras.

Turut hadir, Ketua DPRD Brebes M. Taufik dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Ineke Tri Sulistyowati, dan tamu undangan dari Forkompinda serta Muspika Ketanggungan.

Djarot Saiful Hidayat mengatakan, setelah diresmikannya RSUD Ir. Soekarno Ketanggungan diharapkan bisa lebih mengoptimalkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Sebab, lokasinya yang strategis dapat diakses wilayah tengah dan pantura. Bahkan, Pemda melalui jajaran direksi RSUD Ir. Soekarno juga diharpkan harus bisa menjaga nama baik mendiang bapak proklamator Indonesia.

"Caranya, berikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Terapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menjalankan tugas demi menjaga kredibilitas Ir. Soekarno," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti menjelaskan, Megawati diundang untuk meresmikan RSUD Ir. Soekarno Ketanggungan, agar memberikan motivasi pada masyarakat dan petugas rumah sakit. Namun dari DPP PDIP kemudian menugaskan Djarot.

"Saya mengundang beliau (Megawati-red) sebagai Presiden kelima. Harapannya bisa memberikan semangat dalam mendapatkan layanan kesehatan di RSUD Ir Soekarno," terang Idza.

"Kenapa dinamakan Soekarno, ini sebagai penghargaan untuk beliau, termasuk sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia. Pemersatu bangsa Indonesia dan pahlawan kesehatan," imbuh Idza.

Menurut Idza, RSUD Ir. Soekarno Ketanggungan dibangun dengan anggaran total mencapai Rp 90 Miliar. Pengerjaannya, dilakukan dalam dua tahap dan sudah bisa difungsikan setelah peresmian ini.

Bahkan, komitmen Pemda dalam pelayanan kesehatan diwujudkan dengan pendampingan anggaran. Yakni, Rp 5 Miliar dari APBD Tahun 2022 untuk pengadaan alkes Rp 3,5 Miliar. Sedangkan, Rp 1,5 Miliar sisanya Digunakan meningkatkan sarpras dan fasilitas penunjang.

"Setelah hasil visitasi, RSUD Ir Soekarno juga sudah resmi mengantongi izin operasional dari Pemprov dan PERSI. Termasuk, Perbup Nomor 72 dan 73/ 2022 tentang juknis dan struktural RSUD," tandasnya.