Ratusan Atlet dan Pelatih Berprestasi di Brebes Dapat Dana Kesejahteraan Sebesar Rp 506 Juta
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Jumat, 09/09/2022, 20:46:08 WIB

PanturaNews (Brebes) - Sebanyak 205 atlet dan pelatih yang berprestasi mendapat Dana Kesejahteraan (Dankes) tahun 2022 sebesar Rp 506 juta. Dankes yang bersumber dari dana hibah APBD Kabupaten Brebes itu, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Brebes, Idza Priyanti kepada Ketua Komite Olahraga Nasional (Koni) setempat, Ahmad Zaeni.

Selanjutnya Dankes tersebut juga diserahkan secara simbolis kepada perwakilan atlet dan pelatih, saat puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), di Stadion Karangbirahi Brebes, Jumat 9 September 2022.

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, dankes diberikan sebagai bukti konkret Pemkab Brebes kepedulian dan upaya mendorong para atlet serta pelatih untuk berprestasi. Sehingga, mampu membawa harum nama Brebes di bidang olahraga.

"Bantuan dana kesejahteraan ini kami berikan untuk memotivasi atlet dan pelatih agar lebih berprestasi, dan mampu mengharumkan nama Brebes di bidang olahraga," ujarnya saat memberikan sambutan dalam peringatan Haornas.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Brebes, Ahmad Zaeni menjelaskan, dankes senilai total Rp 506 juta itu, akan diberikan kepada sebanyak 205 atlet berprestasi beserta pelatihnya. Mereka berasal dari sebanyak 35 cabang olahraga (cabor).

Mereka merupakan atlet dan pelatih yang pernah meraih juara di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON), Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng, Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) dan kejuaraan lain minimal di tingkatan provinsi. Selain itu, dankes juga akan diberikan kepada para atlet yang telah dinyatakan lolos Porprov tahun 2023.

"Jadi, dana kesejahteraan ini kami berikan kepada atlet dan pelatih yang berprestasi. Kreteriannya, yakni mereka yang pernah meraih juara di PON, Porprov Jateng, Kejurprov, kejuaraan lain minimal tingkat provinsi, dan atlet yang telah dinyatakan lolos ke Proprov 2023 nanti," jelasnya.

Menurut dia, nantinya bantuan itu berikan kepada penerima selama 6 bulan, dan disalurkan dalam dua tahan. Tahap pertama, disalurkan selama tiga bulan bagi para atlet dan pelatih yang berprestasi di PON, Porprov Jateng, Kejurprov dan kejuaraan lain minimal tingkat provinsi. Kemudian tahap kedua, disalurkan tiga bulan bagi atlet dan pelatih yang lolos Porprov 2023.

"Kalau besaran dana kesejahteraan ini, antara Rp 200.000 - Rp 1 juta per bulan, sesuai dengan prestasi yang diraih atlet. Ini kami terapkan, karena dana kesejahteraan diberikan dengan indikator prestasi atlet," terangnya.

Lebih lanjut dia berharap, disalurkannya dankes tersebut, bisa menjadi penyemanggat para atlet untuk semakin berprestasi, dan mendorong atlet-atlet lainnya untuk bisa mengukir prestasi. Apalagi, di tahun 2022 dan 2023 digelar ajang penting, yakni pra kualifikasi Porprov Jateng dan Porprov Jateng tahun 2023.

"Adanya dana kesejahteraan ini, kami kami harapkan juga bisa mendobrak perolehan prestasi di ajang Porprov Jateng 2023 mendatang," pungkasnya.