Longsor di Sirampog Timbun Jalan Poros Manggis-Mlayang
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN
Jumat, 09/09/2022, 18:07:33 WIB

Akibat hujan deras jalan poros Manggis-Mlayang Kecamatan Sirampog putus tertimbun longsor sepanjang 60 meter (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Jalan poros Manggis-Mlayang, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, putus akibat tertimbun longsor, Jumat 09 September 2022 sekira pukul 15.15 WIB. Longsor tepatnya di Dukuh Slawi RT 05 RW 01 Desa Manggis.

Material longsor menutup jalan sepanjang 60 meter dengan ketebalan antara satu hingga tiga meter. Akibatnya akses jalur transportasi putus, jalan tidak dapat dilintasi kendaraan dan juga pejalan kaki.

Longsor terjadi akibat hujan deras yang turun sejak pukul 10.30 hingga sore. Bagian yang longsor merupakan tebing setinggi lima meter dengan bagian atasnya lahan pertanian warga.

Kondisi di lokasi nampak material longsor berupa tanah, batu dan wadas serta pohon-pohon yang tumbang menutup badang jalan. Timbunan material longsor yang tebal membuat beberapa warga setempat yang melakukan kerja bakti hanya mamou membersihkan di bagian pinggiran.

Warga membersihkan material longsor agar tidak masuk ke area pemukiman terbawa arus air, mengingat kondisi masih hujan dan menimbulkan aliran air cukup deras.

Kepala Desa Manggis, Masruri SAg mengatakan, bencana longsor yang menutup jalan telah dilaporkan ke kantor Kecamatan Sirampog untuk diteruskan ke Pemkab Brebes. 

"Kami membutuh bantuan terutama untuk membersihkan material longsor yang tebal menutup badan jalan," katanya.

Jalan yang tertutup longsor merupakan jalan poros Manggis-Mlayang yang menghubungkan Desa Manggis dengan Desa Melayang dan Desa Mendala. Akibat tertutup longsor, kendaraan yang akan menuju Desa Mlayang harus memutar melalui jalan provinsi ruas Bumiayu-Sirampog.