Kunjungi Lapas Slawi, Dewi Aryani Semangati Para Napi Dengan Kegiatan Berkebun
LAPORAN SL. GAHARU
Sabtu, 27/08/2022, 20:36:50 WIB

Anggota DPR RI Komisi IX, Dr. Hj. Dewi Aryani mengunjungi Lapas Slawi dan melihat pemberdayaan napi seperti budidaya ikan, peternakan ayam serta memberikan bantuan pompa air dan bibit pisang. (Foto: Dok/Tim DeAr)

…berikan bantuan pompa air untuk pengairan kebun, pupuk dan bibit pisang cavendis…

PanturaNews (Tegal) - Masih dalam rangkaian memperingati HUT RI Ke-77, Anggota DPR RI Komisi IX, Dr. Hj. Dewi Aryani, MSi dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota/Kab. Tegal dan Kab. Brebes ini berkunjung ke Lapas Kelas IIB Slawi, Kabupaten Tegal, Sabtu 27 Agustus 2022.

Dalam kunjunganya itu, Politisi PDI Perjuangan yang akrab disapa DeAr sekaligus memberikan bantuan pupuk dan pompa air untuk program pertanian pisang cavendis di lahan Lapas Slawi sekitar 1000 pohon pisang.

”Bantuan yang saya berikan yaitu pompa air untuk pengairan kebun, pupuk dan bibit pisang cavendis. Saya juga siap menampung dan membeli hasil panen pisangnya,” ujar Dewi Aryani.

Pada kesempatan itu, berkeliling Lapas melihat berbagai kegiatan pemberdayaan warga binaan (napi) seperti budidaya ikan, peternakan ayam, magot, juga kerajinan sarung tenun.

“Para napi di Lapas Slawi ternyata aktif berkegiatan berkebun, ternak dan membuat kerajinan,” ungkap Dewi Aryani.

Selain memberikan semangat dan meminta napi untuk rutin beribadah, Dewi Aryani juga memberi motivasi agar dalam menjalani hukuman, para napi mengisi waktu dengan berkebun, merawat kebun pisang cavendis.

“Para Napi juga agar semangat memelihata kolam-kolam ikan yang ada di Lapas, sehingga menjadi bekal mereka kelak jika keluar bisa menjalani profesi sebagai petani, peternak atau pedagang yang baik,” harapnya.

Dengan ketrampilan yang didapat selama menjadi warga binaan di Lapas Slawi, menurut Dewi Aryani, itu akan menjadi bekal saat kembali ke masyarakat sehingga bisa menjadi orang yang lebih baik lagi.