Gandeng Praktisi, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPB Gelar Seminar Public Relations
Sabtu, 20/08/2022, 20:54:19 WIB

DENGAN tujuan meningkatkan kualitas mahasiswa komunikasi, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban Bumiayu (UPB) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menggandeng praktisi Public Relations (PR) dengan menggelar seminar yang bertemakan “Komunikasi Kehumasan dan Organisasi di Era Digital” di Gedung Univeristas Peradaban, Sabtu 20 Agustus 2022.

Peserta yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban dengan antusias turut serta berpartisipasi dalam acara seminar, guna mendapatkan sharing pengalaman dan pemahaman dari praktisi public relations. Acara tersebut diawali oleh pembawa acara Mahesa yang penuh semangat, dan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Biriazka, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. 

Aan Herdiana S.Kom.I., M.Sos selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban sekaligus ketua panitia dalam acara seminar public relations dalam pembukaan dan pengantar seminar mengatakan, bahwa mahasiswa perlu banyak memahami tentang public relations agar kelak dapat menjalin kerjasama seperti acara seminar ini.

Dalam kesempatan itu pula turut hadir Ketua Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Peradaban Rifqi Itsnaini Yusuf M.A, kemudian ketiga pemateri dalam acara seminar diantaranya, praktisi public relations Pundra Rengga Andhita M.I.Kom, Dosen Universitas Amikom Purwokerto Prita Suci N M.Si, M.I.Kom dan Alfian Muhazir M.A.

Acara ini diselenggarakan sekaligus perjanjian kerjasama antara Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban dengan Ilmu Komunikasi Amikom Purwokerto guna mencapai visi misi bersama. Hadir sebagai praktisi public relations sekaligus dosen yang digemari mahasiswa Ilmu Komunikasi, Pundra mengungkapkan dalam menyampaian materinya bahwa ketika menjadi public relations, harus mampu terlebih dahulu menjadi public relations diri sendiri karena akan bersaing dengan para jurnalis yang menjadi public relations.

“Sebelum kalian menjadi humas, harus bisa jadi humas diri sendiri. Karena jadi humas itu akan bersaing dengan orang jurnalis yang menjadi humas,” ujarnya.

Berbicara tentang public relations, maka akan belajar tentang personal branding, krisis komunikasi, hubungan pemerintah, hubungan masyarakat terlebih dalam organisasi ataupun perusahaan. Karena public relations merupakan mediator komunikasi atau jembatan komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk menjalin hubungan dengan siapapun.

Alfian mengatakan bahwa peran kepemimpinan paling dasar yang sudah dirasakan oleh mahasiswa sekalian yaitu berawal dari keluarga. Keluarga menjadi tempat untuk kita berkomunikasi melatih peran kepemimpinan diri kita karena sifatnya privasi, dan organisasi menjadi tempat melatih kedewasaan dan mengambil keputusan sebagai leadership.

“Peran leadership menjadi paling dasar dan teman-teman sudah merasakannya berawal dari keluarga. Keluarga adalah lingkungan yang privat untuk melatih leadership diri kita, ketika di organisasi kita akan digembleng untuk dapat melatih kedewasaan dan mengambil keputusan,” kata Alfian.

Acara tersebut dilanjut dengan pemateri berikutnya, Prita yang mengatakan bahwa public relations masih berkaitan dengan citra dan membangun reputasi yang baik. “PR itu tidak jauh-jauh dari citra dan membangun personal branding yang baik,” ujarnya.

Prita juga berdiskusi langsung dengan peserta seminar dengan menanyakan; “Apakah sudah menemukan personal branding? Dan ingin dikenal sebagai apa?,”. Mahasiswa sangat antusias menjawab pertanyaan dari Dosen Universitas Amikom Purwokerto yang cantik ini.

Public Relations tentu tidak hanya sekedar memperbanyak relasi melainkan melibatkan upaya membangun komunikasi yang baik dengan publik atau semua stakeholder, demi terciptanya dan terpelihara sinergi yang baik pula.

Acara seminar public relations ini diakhiri dengan foto bersama antara Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan pemateri seminar. Kemudian dilanjut foto-foto bersama dengan mahasiswa Ilmu Komunikasi di depan Gedung Universitas Peradaban.