79 Stand Ramaikan Brebes Expo 2022, Idza : Untuk Ekonomi Kerakyatan
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Senin, 15/08/2022, 23:28:38 WIB

PanturaNews (Brebes) - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mendorong upaya peningkatan ekonomi kreatif warga Kabupaten Brebes. Seperti pagelaran Brebes Expo menjadi bukti nyata upaya tersebut, setelah dua tahun lebih ekonomi kerakyatan melemah akibat pandemi Covid-19.

Idza berharap, moment seperti ini bisa diselenggarakan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Brebes saat membuka Pameran Pembangunan Brebes expo serta gelar produk UMKM dan IKM di Islamic Center, Jalan Yos Sudarso Brebes 14 Agustus 2022.



Pameran pembangunan ini, lanjutnya, bukan hanya untuk memperingati dan merayakan HUT Kemerdekaan RI saja. Akan tetapi lebih dari itu, kegiatan ini merupakan sarana untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, menginformasikan kemajuan serta mensosialisasikan program pemerintah.

Apalagi, pameran ini selain diikuti instansi pemerintah, juga instansi swasta, sekolah, perguruan tinggi maupun dunia usaha. Kegiatan yang digelar selama lima hari ini, akan dimeriahkan dengan berbagai acara diantaranya fashion show, gelar produk UMKM, talk show, coffe Fest, senam masal, gelar seni budaya, pentas seni pelajar, bazar vaksin dan live music.

Idza mendorong kepada semua pihak untuk membantu pertumbuhan dan kemajuan UMKM. Karena peningkatan pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya keterlibatan UMKM. UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMKM juga memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan daerah.

Ketua Seksi Bazar dan Pameran HUT ke-77 Kemerdekaan RI Zaenudin melaporkan, stand Brebes expo diikuti 79 stand. Terdiri dari 45 stand, UMKM/IKM 26 stand, dan lembaga/ormas sebanyak 8 stand. Brebes expo bakal berlangsung 114-18 Agustus 2022 di kompleks Islamic Center Brebes.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaunching tabungan pelajar yang digagas pihak perbankan yang ada di Kabupaten Brebes. Gerakan Ayo Menabung terkusus buat pelajar sebagai upaya meningkatkan budaya menabung di kalangan pelajar. Juga diserahkan bantuan untuk yatim

Tampak hadir dalam pembukaan antara lain Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Ketua DPRD Brebes Taufik SSn, Ketua Dekranasda Brebes Dr H Warsidin MH, Ketua Kadin Brebes H Indra Kusuma SSos, Ketua Umum Panitia HUT ke-76 Kemerdekaan RI Kab Brebes Warsito Eko Putro, para Kepala OPD dan undangan lainnya.