Dewi Aryani Kemas Sosialisasi 4 Pilar Dengan Cooking Demo Menu Tanggulangi Stunting
LAPORAN SL. GAHARU
Sabtu, 13/08/2022, 22:07:05 WIB

Anggota DPR RI Komisi IX, Dr. Hj. Dewi Aryani memberi arahan kepada ibu-ibu mengolah makanan bergizi pada Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dikemas dengan Cooking Demo Menu di Desa Karangmalang. (Foto: Dok/Tim DeAr)

…untuk menekan tingginya angka stunting di Kabupaten Tegal, semua pihak harus gotong royong…

PanturaNews (Tegal) - Gotong royong merupakan intisari dari Pancasila. Jadi dengan gotong royong berbagai pihak, maka berbagai permasalahan dapat dicarikan solusinya. Termasuk mengatasi tingginya stunting di Kabupaten Tegal, diperlukan membuat program yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Hal itu dikatakan Anggota DPR RI Komisi IX, Dr. Hj. Dewi Aryani, MSi pada Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dikemas dengan Cooking Demo Menu, di Desa Karangmalang, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu 13 Agustus 2022.

"Sikap gotong royong dan saling membantu, harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena sikap gotong royong, merupakan wujud nyata dalam mengamalkan 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Menurut Politisi PDI Perjuangan dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota/Kab. Tegal dan Kab. Brebes ini, untuk menekan tingginya angka stunting di Kabupaten Tegal, semua pihak harus gotong royong, yakni membuat program untuk pemenuhan nutrisi dan gizi ibu hamil, balita, manula dari keluarga tidak mampu.

“Demo memasak yang melibatkan ratusan ibu-ibu ini, bisa langsung praktek mengolah makanan dari ikan dan buah yang bergizi, sehingga dapat dilakukan di rumah untuk pemenuhan gizi dan nutrisi keluarga. Langkah ini sebagai salah satu upaya mencegah stunting,” tutur Dewi Aryani yang mendapat predikat The Best Legislator.

Selain upaya itu, Dewi Aryani juga meluncurkan program membangun Kawasan Buah dan Gizi Desa. Program ini sudah dicanangkan, dan akan berkelanjutan sehingga nantinya setiap desa akan menjadi kawasan buah desa, dan pembudidayaan ikan Nila untuk pemenuhan nutrisi.

"Dari kawasan buah desa ini, hasilnya untuk diberikan kepada warga yang tidak mampu, terutama ibu-ibu hamil, anak-anak balita dan para manula sehingga asupan gizi mereka bisa terpenuhi," terang Dewi Aryani.

Ditegaskan, semua program ini untuk mencegah Stunting sejak dalam kandungan. Untuk itu, semua pihak harus gotong royong sebagai wujud nyata dalam mengamalkan 4 Pilar Kebangsaan, dengan membangun kawasan buah untuk mencukupi gizi dan nutrisi ibu hamil, balita dari keluarga tidak mampu.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dikemas dengan Cooking Demo Menu di Desa Karangmalang, diikuti ratusan peserta terdiri bidan, istri kepada desa, kader Posyandu, ibu-ibu hamil.

Diberitakan sebelumnya, Untuk menekan tingginya angka stunting di Kabupaten Tegal, diperlukan membuat program yang revolusioner. Untuk itu, Dewi Aryani melakukan pencanangan Kawasan Buah dan Gizi Desa di Desa Kedungkelor, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu 6 Agustus 2022.