Antisipasi Penularan Covid-19, Ratusan ABK Diswab Antigen
LAPORAN JOHARI
Selasa, 04/05/2021, 21:38:53 WIB

ABK diswab antigen

PanturaNews (Tegal) – Antisipasi pencegahan covid-19 masuk ke Kota Tegal, ratusan anak buah kapal (ABK) yang kapalnya bersandar di Pelabuhan Tegal, diperiksa dan dilakukan swab antigen oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal dan Dokes Polri, Selasa 04 Mei 2021.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari didampingi Danlanal, Letkol Mar Ridwan Aziz beserta sejumlah instansi lain hadir untuk melakukan peninjauan pelaksanaan pemeriksaan.

Menurut Kapolres, jika pemudik bisa diperketat jelang penyekatan di jalur darat, maka untuk jalur laut dilakukan pemeriksaan di Pelabuhan. Karena tidak mungkin dilakukan patroli di tengah laut.  Sedangkan kapal nelayan dalam mencari ikan dari berbagai pulau.

"Ini bentuk penyekatan terhadap anak buah kapal, untuk mengantisipasi penularan covid-19. Jangan sampai, kasus Covid di Kota Tegal kembali meroket. Karena sudah banyak wilayah yang berzona hijau dan kuning," tegas AKBP Rita Wulandari.

Menginagta jumlah kapal yang di Kota Tegal cukup banyak, diperkirakan pemeriksan akan berlangsung lama. Karena Berdasarkan data dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, terdapat 400 kapal yang mulai berlabuh di Kota Bahari, menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Jika satu kapal memiliki 20 sampai 25 anak buah kapal (ABK). Maka paling tidak kita harus memeriksa 8.000 hingga 10.000 nelayan. Semuanya harus diperiksa sebelum mereka keluar pelabuhan," pungkasnya.

Diketahui, pemeriksaan swab antigen yang digelar tiga pilar, TNI Polri dan Pemerintah itu dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Bahari yang kasusnya cenderung mulai melandai. Dari 128 ABK yang diswab antigen hasilnya semuanya negatif.

Ketua HNSI Kota Tegal, H Riswanto menyambut baik adanya pemeriksan swab antigen kepada ABK. Hal itu guna mengantisipasi penularan covid-19. Sedangkan targetnya semua nelayan di swab antigen. Meski tidak dipungkiri dalam mencari ikan, ABK  tetap di kapal di tengah laut. 

“Dalam mencari ikan ABK di kapal, tidak ada yang mampir di pulau. Meski selama 4 atau 6 bulan mereka tetap di laut.,” ungkap Riswanto.  

Menurutnya, jumlah kapal di Pelabuhan Tegal  ada 400 kapal, dan di Pelabuhan Jonggor 400 kapal. Kalau setiap kapal ada 25 nelayan berarti ada ribuan nelayan yang akan di swab antigen. Mereka berasal dari Tegal, Brebes dan Pemalang.

"Jadi ada sekitar 50 persen yang di swab antigen dari tiga daerah tersebut, karena sebagian sudah pulang terlebih dahulu," pungkasnya.