Cegah Kerumunan, Warga Nyoblos Pemilihan Ketua RW Dari Rumah
LAPORAN RESMAN S
Selasa, 20/04/2021, 18:13:18 WIB

Rapat musyawarah warga dan bentuk panitia Pemilihan Ketua RW (Pilwe) 06 Perumahan Balongan Asri 1 Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu di Balai Warga RW setempat. (Foto: Dok/Resman)

PanturaNews (Indramayu) - Musyawarah warga dan panitia Pemilihan Ketua RW (Pilwe) 06 Perumahan Balongan Asri 1 Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, disetujui dilaksanakan pada Sabtu 24 April 2021.

Pada musyawarah Pilwe RW 06 yang mencakup RT 23 dan RT 24 Desa Tegalurung, juga disepakati Warsono menjadi Ketua Panitia Pilwe dari 10 orang anggota panitia. Warga sepakat Pilwe dilakukan pada bulan Ramadhan, sebelum pelaksanan Pilkades atau Pemilihan Kuwu (Pilwu) Desa Tegalurung pada 2 Juni 2021 mendatang.

Ketua Panitia Pilwe, Warsono mengatakan, tehnis Pilwe dilakukan dengan cara mengantarkan surat suara ke masing-masing kepala keluarga (KK) melalui door to door (pintu ke pintu). Ini sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan (Prokes) antisipasi pencegahan penularan Covid-19.

"Proses Pilwe tidak perlu membuat kerumunan warga yang berpotensi menjadi sumber penularan virus Covid-19. Sistem Pilwe ini yang bekerja cukup panitia, sementara pemilih cukup di rumah saja," terang Warsono usai rapat musyawarah di Balai Warga RW 06, Senin 19 April 2021 malam.

Menurut Warsono, untuk tahapan penjaringan calon Ketua RW 06 Perumahan Balongan Asri 1 Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, akan dimulai Rabu, Kamis dan Jumat 21-22-23 April 2021.

Sebelumnya, Pjs. Kuwu Desa Tegalurung, H. Nurudin mengatakan, Pemerintah Desa Tegalurung menindaklanjuti aspirasi warga melalui surat yang diwakili oleh 103 tanda tangan pada 13 April 2021, perihal minta diadakan Pilwe RW 06.

Menindak lanjuti surat itu, sehubungan sekarang dalam bulan Ramadhan 1442 H, pihak Pemerintah Desa Tegalurung menawarkan dua opsi pelaksanaan Pilwe. Pertama digelar setelah bulan Ramadhan, dan yang kedua digelar setelah pemilihan kuwu Desa Tegalurung 2 Juni 2021 mendatang.

“Namun tawaran dua opsih itu ditolak, warga bersikukuh minta Pilwe digelar bulan Ramadhan. Akhirnya aspirasi warga disetujui, dan warga spontan membacakan kalimat Hamdalah,” ucap H. Nurudin.

Lebih lanjut Ketua Panitia Pilwe, Warsono menegaskan bahwa proses Pilwe akan menerapkan Prokes yang ketat. Panitia berkeliling dari rumah ke rumah di dua wilayah RT 23 dan RT 24 membagikan surat suara.

“Panitia yang bekerja, warga nyoblosnya dari rumah saja," tandas Warsono.