Senin, 01/04/2024, 23:19:26
9 Stasiun Pengisian Kendaraan LIstrik Umum Dibangun di Sepanjang Jalan Tegal-Brebes
LAPORAN TIM PANTURANEWS

PanturaNews (Brebes) - Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tegal, Aditya Darmawan, mengatakan, pihaknya membangun 9 Stasiun Pengisian Kendaraan LIstrik Umum (SPKLU) guna memudahkan para pengendara mobil listrik mengisi ulang daya baterai di sepanjang jalan Tegal-Brebes untuk menyambut mudik lebaran 2024.

Dari jumlah itu, 6 SPKLU ditempatkan di rest area tol Trans Jawa di ruas tol Tegal- Brebes- Pemalang, Jawa Tengah, dan 3 lainnya berada di jalur Pantura.

Aditya Darmawan berharap, ketersediaan SPKLU dapat memudahkan para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

Tahun ini menyiapkan SPKLU di 6 titik di rest area sepanjang jalan tol Brebes, Tegal dan Pemalang. Serta 3 titik SPKLU di jalan arteri pantura yaitu di ULP Tegal Timur, Slawi dan Brebes," kata Aditya saat tinjauan SPKLU Rest Area KM 252A Brebes, Senin 1 April 2024.

Dikatakan Aditya, kelancaran pembangunan SPKLU mendapat dukungan manajemen pengelola rest area. Baik yang dikelola pihak tol dalam hal ini PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) maupun yang dikelola swasta.

SPKLU ini untuk melayani para pengguna kendaraan listrik yang melakukan perjalanan dan hendak mengisi daya kendaraan listriknya," kata Aditya. 

"Untuk tarif pengisian daya ditetapkan oleh pemerintah sebesar Rp 2.466,-/ kWh dengan pengisian fast charging para pemudik bisa mengisi daya jauh lebih cepat,” sambung Aditya.. 

Aditya mengimbau pengguna kendaraan listrik untuk dapat mengakses aplikasi PLN Mobile untuk melihat peta lokasi penempatan SPKLU, biaya charging sampai dengan metode pembayaran.

"Pengguna kendaraan listrik bisa mengisi sendiri langsung kendaraanya mengikuti petunjuk yang tertempel pada SPKLU dan jika ditemukan kendala bisa juga menghubungi hotline yang tertera di tiap mesin SPKLU," kata Aditya. 

Ditambahkan Aditya, bagi pemudik kendaraan listrik yang karena suatu hal mengalami kehabisan daya di luar rest area atau jauh dari titik SPKLU maka melalui PLN Mobile juga bisa melakukan laporan. 

"Dan nantinya dari PLN akan mengerahkan SPKLU mobile menjemput pada titik dimana pengguna tersebut mengalami kendala kehabisan daya," pungkasnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita